Kandang yang Ideal untuk Beternak Sapi Potong

PertaniankuKandang sapi potong sangat penting untuk diperhitungkan karena dapat memengaruhi proses perawatan ternak. Kandang yang ideal akan membuat sapi lebih aman dan nyaman sehingga hasil daging yang didapatkan pun lebih optimal. Selain itu, kandang juga bisa berfungsi dengan baik, seperti melindungi ternak dari bahaya atau cuaca ekstrem. Berikut ini beberapa kriteria kandang sapi potong yang ideal.

kandang sapi potong
foto: pertanianku

Arah kandang

Sebaiknya, bangun kandang sapi potong tunggal menghadap ke timur, sedangkan kandang ganda membujur ke arah utara-selatan agar sinar pagi bisa masuk ke kandang atau lantai kandang. Namun, jika kondisi lokasi pembuatan kandang tidak memungkinkan untuk menghadap ke arah timur tidak mengapa, arah kandang hanya menjadi kriteria kandang ideal, bukan suatu syarat mutlak.

Loading...

Ventilasi

Sirkulasi udara di dalam kandang harus berjalan lancar agar udara kotor di dalam kandang bisa terganti dengan udara bersih dari luar. Pengaturan ventilasi yang tidak sempurna dapat menyebabkan suhu dan kelembapan di dalam kandang meningkat, peredaran udara lambat, dan udara menjadi cepat kotor. Apalagi, jika populasi ternak di dalam kandang berlebihan.

Dinding

Pembuatan dinding juga harus diperhatikan karena bahan yang digunakan harus bisa membuat ternak nyaman dan ekonomis. Bahan yang bisa membuat ternak nyaman adalah anyaman bambu, papan, tembok, dan lain-lain.

Lantai kandang

Lantai kandang tidak boleh licin, tahan terhadap injakan, dan awet. Selama masa perawatan, lantai kandang harus diusahakan kering. Lantai dibuat agak miring untuk memudahkan para petugas kandang untuk membersihkan serta mengalirkan air kencing sapi.

Lokasi kandang

Lokasi kandang yang tepat adalah yang berdekatan dengan sumber air, dekat dengan tempat tinggal peternak, dan mudah dijangkau. Kandang harus ditempatkan di tempat yang kering, lebih tinggi dari lingkungan sekitar, atau di tanah yang mudah menyerap air. Kandang lebih baik diletakkan di tempat terbuka agar mudah mendapatkan cahaya matahari pagi yang berguna menjaga suhu kandang.

Baca Juga:  Penyimpanan Pakan Ayam Tidak Boleh Sembarangan

Kelengkapan alat kandang dan pembersih

Perlengkapan untuk kandang sapi potong adalah sapu lidi, sekop, selang air, sikat, ember, dan kereta dorong.

Loading...
Loading...