Kandang yang Ideal untuk Penggemukan Sapi Potong

Pertanianku — Kandang yang ideal dapat memberikan pertumbuhan sapi potong lebih baik. Salah satu indikator kandang sapi potong yang ideal adalah mampu memberikan jaminan hidup yang sehat dan nyaman bagi sapi. Jadi, bangunan kandang harus berfungsi melindungi sapi dari gangguan yang merugikan. Berikut ini beberapa kriteria kandang sapi potong yang ideal untuk digunakan.

kandang sapi potong
foto: Pertanianku

Arah kandang

Bangunan kandang tunggal dibangun menghadap ke timur dan kandang ganda dibangun membujur ke arah utara-selatan. Letak kandang yang disesuaikan dengan arah mata angin dapat membuat sinar matahari pagi masuk ke ruang kandang.

Ventilasi

Ventilasi berguna untuk mengatur sirkulasi udara di dalam kandang sehingga udara kotor di dalam kandang bisa diganti oleh udara bersih dari luar. Pengaturan ventilasi yang tidak sempurna dapat menyebabkan suhu udara serta tingkat kelembapan di dalam kandang menjadi tinggi, peredaran udara melambat, dan udara menjadi lebih cepat kotor. Kondisi akan semakin diperparah apabila jumlah sapi yang diternakkan cukup banyak.

Atap

Sudut kemiringan atap dibuat menjadi 30° dengan bagian yang miring meluncur ke bagian belakang. Bahan yang bagus digunakan sebagai atap adalah genteng, seng, asbes, daun kelapa, atau daun nipah.

Dinding kandang

Dinding berhubungan langsung dengan sistem ventilasi dan masuknya sinar matahari pagi. Pengaturan ketinggian kandang harus dibuat setinggi atau lebih tinggi dari ternak sapi. Bahan yang digunakan untuk membuat dinding kandang harus nyaman untuk ternak dan ekonomis, seperti anyaman bambu, papan, tembok, dan sebagainya.

Lantai kandang

Lantai kandang tidak boleh licin, tidak mudah lembap, tahan terhadap injakan karena bobot sapi sangat besar, dan mudah kering. Lantai kandang juga dibuat agak miring agar mudah membersihkan air kencing sapi.

Baca Juga:  Upaya Ditjen PKH Kementan untuk Menstabilkan Perunggasan Nasional Menjelang Idulfitri

Letak kandang

Lokasi kandang harus gampang dijangkau oleh sarana transportasi sehingga memudahkan mobilitas aktivitas peternakan. Lokasi kandang sebaiknya dekat dari sumber pakan dan pasar untuk menghemat biaya pengiriman. Selain itu, kandang juga harus dekat dari sumber air dan pakan sehingga peternak atau pekerja lebih mudah mengontrol.

Dilengkapi dengan alat perlengkapan dan pembersih

Kandang sapi potong yang ideal harus dilengkapi oleh alat perlengkapan yang bisa memudahkan pekerja. Alat perlengkapan yang harus tersedia, di antaranya tempat makan dan minum, sekop, sapu lidi, selang air, sikat, ember, dan kereta dorong.