Kandang yang Nyaman Bagi Kelinci

Pertanianku— Setiap makhluk hidup memerlukan tempat tinggal yang nyaman, begitu pun dengan kelinci. Kandang kelinci yang nyaman dapat membuat pertumbuhan kelinci lebih optimal.

kandang kelinci
foto: Pertanianku

Kandang kelinci berguna sebagai tempat tinggal bagi kelinci yang dapat melindungi tubuhnya dari teriknya panas matahari dan dinginnya udara malam hari. Selain itu, kandang juga berguna sebagai tempat berkembang baik. Oleh karena itu, kandang menjadi syarat penting ketika Anda ingin memulai beternak kelinci.

Kandang yang nyaman tidak hanya ditentukan dari konstruksi dan bahan baku pembuatannya, tetapi juga harus didukung dengan kondisi dan situasi.

Lokasi kandang yang dipilih harus dapat membuat sinar matahari masuk ke kandang. Selain itu, lokasi tersebut sebaiknya bersuhu sejuk sekitar 15—20°C, ventilasi sempurna, kering, lingkungan tenang, dan tidak jauh dari rumah.

Sinar matahari pagi sangat dibutuhkan untuk menerangi kandang sekaligus mengeringkan dan membunuh kuman-kuman penyakit. Sebaiknya, kandang dibuat menghadap timur, utara, atau selatan.

Kelinci lebih tahan terhadap suhu dingin dibandingkan suhu panas. Oleh karena itu, pembangunan kandang harus memerhatikan kecukupan suplai matahari pagi, tetapi lingkungan kandang tetap sejuk.

Pada dasarnya kelinci cukup mudah beradaptasi dengan berbagai bentuk kandang yang disediakan. Namun, pembuatan kandang harus memerhatikan kemudahan dalam bekerja, mengontrol, serta efisiensi waktu dan tenaga saat pengelolaan.

Pembuatan kandang perlu memperhatikan beberapa persyaratan berikut.

  1. Mudah untuk dilakukan perluasan.
  2. Bahan-bahan yang digunakan harus sesuai dengan kondisi tanah/topografi (datar atau bergelombang).
  3. Bahan-bahan yang digunakan harus mudah didapat dan relatif murah.
  4. Sirkulasi udara lancar dengan lama pencahayaan yang ideal 12 jam.
  5. Bagian luar harus dapat menyerap panas (bagi daerah yang memiliki temperatur rata-rata di atas 30°C).
  6. Bagian yang terbuka seperti ventilasi harus dapat menahan serangga, seperti nyamuk, kecoak, laba-laba, dan lalat.
Baca Juga:  Langkah-langkah Merawat Kelinci yang Sedang Sakit

Kandang kelinci harus dijaga kebersihannya dengan penyemprotan air setiap hari. Penyemprotan ini berguna untuk menjaga kelinci agar tidak mudah terserang penyakit seperti penyakit kulit dan diare. Namun, kandang dan lingkungan di sekitar kandang harus dijaga tetap kering dan tidak ada bagian yang becek atau tergenang air.