Kandungan Berkhasiat dalam Buah Nangka

Pertanianku – Nangka adalah buah berserat tinggi yang memiliki bau dan rasa yang khas. Di dalam daging buah yang cocok ditanam di daerah tropis ini mengandung zat tepung. Buah nangka dapat dikonsumsi ketika mentah ataupun matang. Nangka yang masih mentah dan belum berubah menjadi nangka yang manis dapat dibuat menjadi sayur dengan cara dimasak. Salah satu kota di Indonesia, Yogyakarta mempunyai makanan khas yang berbahan dasar nangka, yaitu gudeg. Nangka yang memiliki daging tebal ini ternyata memiliki keistimewaan lain selain dari rasanya yang manis. Kandungan gizi yang tinggi membuat buah ini digemari oleh banyak orang. Selain itu, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari buah ini.

Kandungan Berkhasiat dalam Buah Nangka

Nangka kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, besi, tiamin, riboflavin, niasin, magnesium, dan nutrisi lain. Karena itu nangka sangat bermanfatat bagi kesehatan. Buah masak (100 g) mengandung 72—77,2 g air; 18,9—25,4 g karbohidrat; 1,3—2 g protein, 0,1—0,4 g lemak; 0,8—1,1 g serat; 0,4—1,1 mg besi; 18—38 mg fosfor; 407 mg kalium; 22—37 mg kalsium; 2 mg natrium; 172—540 IU vitamin A; 0,03—0,09 tiamin; 0,05 mg riboflavin; 0,9—4 mg niasin; dan 8—10 mg vitamin C.

Loading...

Nangka mengandung vitamin A, nutrisi yang kuat dan dikenal untuk menjaga fungsi mata dan kulit. Hal ini juga membantu mencegah penyakit yang terkait dengan penglihatan seperti degenerasi makula dan rabun senja. Nangka juga merupakan sumber vitamin C, membantu melindungi tubuh terhadap infeksi, virus dan bakteri. Vitamin C ini juga membantu untuk memperkuat fungsi system kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel darah putih.

Nangka juga dianggap sebagai pembangkit energi karena mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Meskipun kaya akan energi, tetapi buah ini tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, nangka juga kaya akan magnesium, nutrisi penting dalam penyerapan kalsium dan bekerja dengan kalsium untuk membantu memperkuat tulang dan mencegah gangguan seperti osteoporosis. Begitu juga dengan kandungan fosfor maupun mineral lainnya seperti zat besi yang sangat baik sebagai antioksidan, antikanker, dan melancarkan pencernaan. Manfaat buah nangka untuk kesehatan juga terlihat dari kandungan kaliumnya yang cukup besar yang sangat berguna untuk mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi. Tidak hanya buahnya, akarnya, dapat digunakan pula untuk mengatasi asma. Dengan cara direbus dan diambil ekstraknya.

Baca Juga:  Tips Memilih Bibit Pohon Buah yang Bagus

 

Untuk mengonsumsi nangka, Anda semua pasti sudah tahu. Makan buah nangka yang matang yang segar. Atau Anda dapat membuat buah nangka menjadi bahan dasar membuat selai, jeli, acar, dodol, dan manisan. Tapi ingat ya, jika Anda menyantap buah nangka, sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena akan menimbulkan banyak gas dalam perut.

 

Sumber buku: Bauah Ajaib Tumpas Penyakit

Loading...
Loading...