Kandungan dan Khasiat Avokad

Pertanianku -Setengah buah avokad mengandung 57 μg folat yang memenuhi 14% kebutuhan sehari. Kandungan kaliumnya juga tinggi, menyediakan 548 mg yang memenuhi 16% kebutuhan sehari. Kandungan fosfornyayang cukup tinggi sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Satu cangkir buah avokad mengandung 120 mg fosfor yang memenuhi 12% dari kebutuhan sehari.

Kandungan dan Khasiat Avokad

Sejumlah fitokimia terkandung di dalam avokad. Zat-zat itu antara lain saponin, flavonoid, alkaloid, karotenoid, lutein, tanin, asam pantotenat, asam oleat, lesitin, niasin, vitamin (A, B1, B2, C, E, K, biotin), mineral (fosfor, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, zink), dan serat. Sekitar 90% kandungan di dalam avokad adalah lemak yang 80% berupa asam oleat, lemak tidak jenuh tunggal yang menguntungan bagi kesehatan.

Di antaranya menurunkan kadar LDL (low density lipoprotein), kolesterol total, dan trigliserida, serta menstabilkan kadar gula darah. Kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal memiliki aktivitas antiradang dan antioksidan yang bersama-sama dengan vitamin C, E, dan glutation dapat melindungi pembuluh darah arteri dari kerusakan akibat timbunan LDL. Kandungan lemak tidak jenuh tunggal itu juga baik bagi penderita diabetes melitus. Kandungan beta-silosterol dapat mengurangi penyerapan kolesterol pada usus.

Kandungan niasin dapat mempengaruhi aktivitas enzim lipoprotein lipase sehingga terjadi penurunan produksi LDL di hati yang berakibat penurunan kolesterol total, LDL, dan trigliserida. Niasin juga dapat meningkatkan HDL (high density lipoprotein). Kandungan asam folatnya mencegah cacat lahir di otak dan tulang belakang. Folat juga mencegah timbulnya penyakit jantung koroner dengan cara menurunkan kadar homosistein, yakni produk antara suatu asam amino yang berbahaya bagi pembuluh darah bila kadarnya terlalu tinggi. Khasiat lain, memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi, melebarkan pembuluh darah (mild vasodilator), antijamur, dan antikanker. Asam folat sangat membantu kesuburan. Pria yang mengonsumsi asam folat dan seng dapat meningkatkan jumlah spermatozoa normal.

Baca Juga:  Limbah Jambu Mete Berpotensi Jadi Pestisida Nabati

Wanita yang diberikan asam folat akan memiliki sel telur lebih baik. Avokad juga kaya mineral yang berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia. Kandungan serat secara simultan membantu proses pencernaan.

 

Sumber: Buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit


loading...