Kandungan dan Khasiat Nanas


Pertanianku – Nanas sumber vitamin C dan mangan. Buah ini juga mengandung substansi yang dapat menjaga kekuatan tulang dan membantu pencernaan. Buah segar mengandung 10% gula, setengahnya adalah sukrosa, sisanya glukosa dan fruktosa. Setiap setengah cangkir potongan nanas segar yang setara dengan 78 g menyediakan 38 kalori; 87% air; 10 g karbohidrat; 1 g serat; 5 mgkalsium; 1 mg mangan; 89 mg kalium; 11 mg magnesium; 5 mg fosfor; 2 IU vitamin C; 12 mg vitamin C; 0,1 mg tiamin; 0,1 mg vitamin B6; 8 μg folat; dan sejumlah gula alami (sukrosa, fruktosa, dan glukosa).

nanas

Mengonsumsi sari buah nanas akan meningkatkan metabolisme proteindalam tubuh. Nanas juga bisa mengurangi dehidrasi. Buah ini mengandung vitamin C dan vitamin A, yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan dan mampu menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai penyebab berbagai penyakit. Selain sumber vitamin (A, B1, B2, dan C), mineral (kalium, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, besi, dan natrium), glukosa, fruktosa, sukrosa (gula tebu), nanas juga mengandung enzim bromelain (kelompok sulfur yang mengandung proteolitik), karoten, asam nikotinik, asam organik, dan serat. Bromelain berkhasiat membantu mencernakan protein dan memperbaiki gangguan lambung. Bromelain juga mengurangi peradangan(anti-inflamasi) dan pembengkakan, mengganggu pertumbuhan sel kanker, Menghambat agregasi trombosit (platelet), melarutkan dahak pada saluran napas (seperti pneumonia dan bronkhitis), antibakteri, dan mempunyai aktivitas fibrinolitik (dapat menghancurkan trombus yang menyumbat pembuluh darah) dan proteolitik (pengurai protein).

Khasiat penghambatan penggumpalan trombosit dan adanya aktivitas fibrinolitik ini menyebabkan berkurangnya pembentukan trombus dan aterosklerosis (pembentukan trombus di pembuluh darah) sehingga kejadian penyakit jantung koroner dan stroke berkurang. Bila digunakan teratur, bromelain dapat mengurangi peradangan dan jaringan parut pada pembuluh darah arteri sehingga memperbaiki penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler).

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Bromelain bermanfaat sebagai pelegatenggorokan dan memperlancar proses pencernaan. Bromelain juga berfungsi  untuk mempercepat proses penyembuhan luka serta mengurangi peradangan atau pembengkakan dalam tubuh. Khasiat antiradangnya dimanfaatkan sebagai suplemen makanan untuk membantu tubuh mempercepat penyembuh luka atau mengurangi rasa nyeri (seperti pada rheumatoid arthritis, gout, memar, trauma). Oleh karena itu, bagi pasien yang baru saja selesai melakukan operasi sangat baik mengonsumsi nanas. Bromelain juga menjaga keseimbangan kadar asam dalam darah. Nanas memiliki manfaat untuk mengurangi kadar air dalam tubuh bila berlebihan. Oleh karena itu, nanas dapat mencegah penyakit edema.

Ada zat lain yang terkandung di dalam nanas, yaitu asam aspartat yang berfungsi untuk mengeluarkan amonia, racun dalam tubuh. Nanas juga meningkatkan kadar antibiotika di serum bila dikonsumsi bersamaan. Nanas segar merupakan sumber serat yang dapat membantu mempermudah buang air besar pada penderita sembelit (konstipasi). Mangan adalah mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen di kulit, tulang, dan tulang rawan untuk menjaga kekuatan tulang. Satu cangkir jus nanas segar menyediakan 2 mg mangan atau lebih dari 100% kebutuhan sehari.

Nanas digunakan untuk membantu memperbaiki gangguan pencernaan disertai kembung dan mual (dispepsia), air liur sedikit, asam lambung berlebihan, infeksi saluran cerna, tekanan darah rendah diserta pusing serta tidak bertenaga, lemah disertai demam dan haus, sulit kencing dan nyeri, mengatasi sembelit (konstipasi), radang tenggorok, membantu menurunkan berat badan, serta meringankan nyeri (seperti pada rheumatoid arthritis, tendinitis, bursitis). Nanas juga dapat mengatasi beri-beri, memar, sesak napas, menurunkan demam, serta meningkatkan penyerap antibiotik.

Nanas matang sifatnya dingin, berkhasiat menyehatkan limpa, menghilangkan haus, mengurangi asam lambung berlebih, membantu mencerna protein di lambung, antiradang (anti-inflamasi), peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), dan menghambat pertumbuhan sel kanker (antineoplastik). Nanas muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik (peluruh cacing usus), diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum (bersifat menghentikan kehamilan), peluruh (mukolitik), dan pencahar.

Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan

 

 

loading...
loading...