Kandungan dan Manfaat Buah Bit

Pertanianku – Buah bit merupakan tanaman umbi yang memiliki dua warna yakni warna merah keunguan dan hijau. Buah bit pada umumnya diolah menjadi sayuran dan jus. Walaupun sebagian masyarakat masih familiar dengan buah ini, tapi beberapa supermarket telah menyediakan jenis sayuran jenis ini.

Kandungan dan Manfaat Buah Bit

Bit merupakan tanaman yang terkenal lezat sebagai makanan. Bahkan selain enak untuk sayuran, umbi bit juga nikmat diolah menjadi minuman jus yang menyehatkan. Beberapa manfaat buah bit seerti nutrisi yang terdiri dari vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Selain itu, bit banyak mengandung gula, sehingga sangat cocok sebagai makanan dan minuman penambah energi. Berikut beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Loading...
  • Tinggi vitamin dan mineral

Manfaat buah bit seperti mineral termasuk kalium, magnesium, serat, fosfor, zat besi, serta vitamin A, B, C, betakaroten, betasianin, dan asam folat. Manfaat buah bit tidak hanya itu, namun masih banyak lagi jenis nutrisi yang dapat ditemukan pada bit selain yang disebutkan diatas. Manfaat buah bit terutama bagi wanita yang sedang hamil, karena mengandung vitamin B , asam folat, dan zat besi yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi selama kehamilan dan  untuk tubuh wanita hamil itu sendiri.

  • Detoks liver

Manfaat buah bit lainnya dapat dipergunakan sebagai tonik untuk penyakit hati, membersihkan darah, dan dapat mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Sangat tepat sekali, karena Anda juga didukung oleh rasanya yang enak.

  • Menyehatkan mental

Manfaat buah bit diketahui mengandung betaine, yaitu substansi yang sama yang digunakan pengobatan depresi. Juga mengandung trytophan, yang berkhasiat mengendorkan pikiran dan menciptakan rasa tenang mirip dengan Cokelat. Bit juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Sumber energi yang tinggi
Baca Juga:  Jaboticaba, Buah Anggur Pohon Asal Brazil

Bit sebenarnya rendah kalori, namun disisi lain ia tinggi kandungan gula. Dengan demikian menjadikannya sebagai makanan alami sumber energi terbaik. Sangat sedikit makanan yang ditemukan dari alam sebagaimana bit dalam hal ini.

Bit merupakan tambahan yang bagus untuk setiap kebutuhan makanan. Dengan jumlah nutrisinya yang tinggi, rasanya lezat, dan banyak manfaat.  Jadi siapapun bisa memasukkan bit kedalam keranjang belanjaan tanpa ragu lagi.

  • Sebagai Afrodisiak

Salah satu manfaat bit yang pertama kali dikenal adalah oleh orang Romawi kuno, yaitu sebagai afrodisiak. Hal ini ternyata bukanlah hanya sebatas cerita legenda semata, karena bit diketahui oleh ilmu kesehatan modern mengandung boron dalam jumlah tinggi. Boron yaitu senyawa kimia dalam tanaman yang secara langsung berhubungan dengan produksi hormon seksual manusia.

Loading...
Loading...