Kandungan Gizi Daging Lele Baik untuk Pertumbuhan Anak

Pertanianku — Lele merupakan ikan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang khas serta sangat mudah untuk didapatkan membuat ikan lele sudah banyak dijadikan olahan makanan. Tidak hanya lezat, nilai gizi daging lele juga sangat menguntungkan untuk tubuh manusia.

gizi daging lele
foto: pertanianku

Dalam daging lele terdapat kandungan protein sebanyak 18,07 persen, lemak 1,1 persen, kalsium 15 mg, fosfor 260 mg, Fe 2 mg, natrium 150 mg, tiamin (Vit B1) 0,1 gram, riboflavin (vit B2) 0,05 mg, dan niasin 2,0 mg. Keunggulan gizi daging lele dibanding daging hewan lainnya ialah kandungan asam amino leusin dan lisin yang sangat kaya dalam daging lele.

Kandungan asam amino esensial sangat baik bagi perkembangan pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Sementara, lisin bermanfaat untuk perombakan dan pembentukan protein otot.

Loading...

Manfaat untuk anak-anak

Lisin adalah salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan, perbaikan jaringan, dan pertumbuhan anak. Selain itu, lisin sangat berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium serta menjaga nitrogen dalam tubuh dan menjaga kandungan lemak pada massa tubuh anak agar tidak berlebihan.

Lisin yang terkandung dalam daging lele juga mampu untuk menghasilkan antibodi, hormon, enzim, pembentukan kolagen, serta memperbaiki jaringan yang rusak. Lele yang berasal dan banyak terdapat di Amerika Serikat dikenal dengan kandungan protein dan kadar lisin yang lebih tinggi dan lebih baik daripada daging sapi.

Manfaat untuk tulang

Daging ikan lele juga kaya akan kandungan fosfor. Bahkan, kandungan fosfor ikan lele lebih banyak dibandingkan telur yang hanya 110 mg. Fosfor berfungsi untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fungsi utama dari fosfor adalah memberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak. Sementara, pati berfungsi menunjang kesehatan gigi dan gusi, sintesis DNA, serta penyerapan dan pemakaian kalsium.

Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Lele di Musim Panas agar Lele Tidak Mudah Stres

Manfaat untuk ibu hamil

Ibu hamil akan sangat membutuhkan kandungan fosfor untuk pembentukan tulang janin. Tentunya, kandungan fosfor daging ikan lele sangat baik untuk memenuhi seluruh kebutuhan fosfor bagi ibu hamil. Tujuannya, saat setelah melahirkan, ibu tidak mengalami pengeroposan tulang karena kandungan fosfor terserap oleh jabang bayi.

 

Loading...
Loading...