Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan


Pertanianku — Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari masyarakat Indonesia. Ikan berkumis ini memiliki cita rasa yang gurih serta daging yang empuk dan enak. Tak hanya itu, kandungan gizi dan manfaat ikan lele ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Di balik rasanya yang lezat, lele memiliki kandungan gizi yang melimpah. Di dalamnya terkandung sumber protein, vitamin B, Omega-3, zat besi, fosfor, dan rendah lemak. Berikut ini beberapa manfaat menyehatkan yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan lele secara rutin.

1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Dengan mengonsumsi ikan lele, secara tidak langsung dapat menyembuhkan bekas luka yang terdapat pada tubuh kita atau saat pasca-operasi. Jika Anda baru saja selesai menjalani operasi, mengonsumsi ikan lele ini secara rutin dan teratur bisa membantu pemulihan. Namun perlu diingat, makanlah secukupnya, jangan sampai berlebihan.

2. Menjaga kesehatan sistem saraf

Jika Anda mengonsumsi ikan lele secara rutin juga bisa membantu Anda utuk menjaga kesehatan saraf dalam tubuh.

3. Berguna untuk kesehatan otak dan jantung

Berapa pun usianya, manusia wajib menjaga kesehatan otak dan jantung. Nah, untuk menjaga kesehatan otak dan jantung ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur sehingga cara kerja otak dan jantung akan berjalan dengan baik.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Masalah kesehatan pada tekanan darah yang naik turun disebut hipertensi. Anda bisa mengoptimalkan dan menurunkannya dengan mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur. Ini karena salah satu manfaat mengonsumsi ikan lele adalah dapat menurunkan tekanan darah yang tidak stabil. Dengan begitu, tekanan darah Anda akan terjaga dan stabil dengan baik.

Baca Juga:  Cara Menciptakan Akuaponik Sederhana untuk Pemula

5. Membantu kesehatan kardiovaskuler

Salah satu penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh, yaitu penyakit kardiovaskuler. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari masalah kardiovaskuler dengan mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur.