Kandungan Gizi Ikan Ini Kalahkan Ikan Salmon

Pertanianku – Ikan oleng atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama ikan sidat merupakan jenis ikan predator yang bentuknya sekilas mirip seperti belut. Di bagian belakang kepala hewan ini terdapat sirip yang mirip dengan telinga. Namun, tahukah Anda jika kandungan gizi ikan oleng lebih baik dibandingkan ikan salmon?

Kandungan Gizi Ikan Ini Kalahkan Ikan Salmon

Ikan oleng berasal dari genus yang sama dengan belut, yaitu genus Anguilla. Ikan oleng ini tersebar di perairan Indonesia dan Australia. Oleh karena itu, dapat diperkirakan bahwa ikan ini bisa berasal dari salah satu dari kedua tempat tersebut.

Loading...

Persebaran ikan oleng di seluruh dunia terdapat di beberapa titik, yaitu Laut Atalantik Selatan, Laut Timur Pasifik, Perairan Timur Laut Australia, dan Pantai Barat Amerika. Indonesia merupakan titik strategis bagi penyebaran ikan oleng karena arus persebaran di keempat titik tadi selalui melewati Indonesia.

Sirip insang ikan ini terkadang disebut sebagai belut yang memiliki telinga. Ikan ini hidup di air sungai, muara, ataupun rawa. Berbeda dengan belut yang lebih senang hidup di daerah berlumpur.

Ikan oleng yang hidup di laut dapat bertahan di air tawar dalam kolam budi daya buatan. Fauna ini memiliki panjang tubuh 0,5—2,5 meter dan memiliki moncong seperti ikan pada umumnya. Oleng memiliki sirip memanjang dari dada hingga ekor. Warna sisik oleng terlihat putih keabu-abuan dan transparan sehingga terlihat berpendar jika terkena cahaya.

Kandungan gizi ikan oleng sangatlah tinggi bahkan melebihi ikan salmon. Oleh karena itu, banyak pembudidaya ikan yang beralih membudidayakan ikan oleng.

Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Pembenihan Ikan Lele
Loading...
Loading...