Kandungan Gizi pada Daging Bebek Ini Bikin Takjub


Pertanianku — Tahukah Anda, daging bebek memiliki kandungan gizi dan vitamin yang melimpah dan baik untuk tubuh Anda. Beberapa kandungan gizi tersebut sebagai berikut.

daging bebek
Foto: Google Image

Protein

Seperti halnya unggas lainnya, daging bebek pun merupakan sumber protein hewani yang baik. Dalam tiap 100 gram daging bebek panggang tanpa kulit mengandung 23,5 gram protein atau mencukupi sekitar 47% kebutuhan protein harian Anda.

Lemak

Daging bebek memiliki kandungan lemak sehat. Komposisi lemak pada daging bebek mengandung 35,7% lemak jenuh, 50,5% lemak tak jenuh tunggal (tinggi dalam asam linoleat) dan 13,7% lemak tak jenuh ganda (yang mengandung lemak esensial Omega 6 dan Omega 3). Jadi, selama dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, daging bebek akan cukup memasok lemak sehat bagi tubuh Anda.

Kalori

Dalam 3,5 oz (atau setara dengan satu ons) daging ayam segar bagian dada mengandung 172 kalori. Sementara, daging bebek mengandung 211 kalori.

Mineral

Daging bebek memiliki zat besi yang tinggi hingga mampu memenuhi sekitar 50% kebutuhan harian zat besi dalam tubuh orang dewasa. Sementara, daging ayam hanya memenuhi sekitar 9% dari kebutuhan harian kita. Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin dan regenerasi sel darah merah.

Zat fosfor juga diperlukan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel tulang dan gigi. Satu porsi daging ayam mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan zat fosfor sebanyak 25%, sedangkan daging bebek memenuhi hingga 36% kebutuhan fosfor harian pada manusia dewasa.

Riboflavin

Tiap 100 gram daging bebek panggang mengandung 0,5 mg riboflavin atau memenuhi 28% dari kebutuhan sehari Anda, yang penting untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.

Baca Juga:  Cara Menikmati Berondong Jagung dengan Sehat

Niacin

Dalam 100 gram daging bebek panggang, terkandung 5,1 mg niacin (25% kebutuhan niacin sehari). Niacin berguna untuk membantu kesehatan kulit, sistem saraf, dan sistem pencernaan.

Tiamin

Sekitar 0,3 mg tiamin ditemukan dalam 100 gram daging bebek panggang (17% kebutuhan), yang penting untuk metabolisme energi serta fungsi saraf dan otot.

Asam pantotenat

Dengan mengonsusmi 100 gram daging bebek panggang, akan memasok tubuh Anda dengan 1,5 mg asam pantotenat (15% kebutuhan harian). Vitamin ini sangat berperan untuk menjaga komunikasi antarsistem saraf dan reaksi enzimatik tubuh lainnya.

Vitamin B6

Tiap 100 gram daging bebek panggang mengandung 0,3 mg vitamin B6 atau memenuhi 13% dari kebutuhan sehari kita. Vitamin yang disebut juga dengan piridoksin ini berperan dalam metabolisme asam amino dan asam lemak.

Vitamin B12

Daging bebek juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik, yang penting untuk mencegah anemia, dengan kandungan sebanyak 0,4 mcg vitamin B12 (memenuhi 7% kebutuhan) dalam tiap 100 gram daging bebek panggang.