Kandungan Gizi Pepino


    Pertanianku – Pepino atau Solanum muricatum adalah buah yang berasal dari Belanda. Buah yang termasuk dalam terong-terongan ini akan tumbuh jika ditanam di dataran tinggi. Namun, pepino juga dapat tumbuh di dataran rendah. Buah ini mulai ditanam di Indonesia sejak zaman penjajahan. Bahkan, sejak ratusan tahun lalu pepino telah dibudidayakan di Kolombia, tepatnya di Lembah Moche, Peru. Di Kolombia buah ini diolah menjadi berbagai kerajinan tangan dan seni.

    Kandungan Gizi Pepino

    Sekilas jika dilihat pepino mirip dengan mentimun. Hal ini karena buah tersebut memiliki tekstur kulit seperti terong. Yang berbeda hanyalah pada bagian warna. Daging buah pepino sangat lembut dan mengandung kadar air yang tinggi. Di Indonesia pepino memiliki berbagai macam nama seperti melon pear, husada dewa, meluber, tree melon, dan mellowfruit.

    Di Indonesia buah ini banyak dibudidayakan di daerah Dieng, Wonosobo. Pepino juga tak kalah berkhasiatnya dari buah lainnya. Kandungan nutrisi dalam 100 g pepino memiliki energi 80 kkal, karbohidrat 22 g, protein 0,6 g, lemak 0 g, serat 5 g, vitamin C25,1 mg, dan beta karoten 26,6 mg.

    Kandungan vitamin A pada pepino berfungsi untuk proses penglihatan, reproduksi, dan metabolisme. Selain itu, betakaroten juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit dan paru. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut bahwa pepino dapat menghalau kanker, beberapa orang telah merasakan banyak khasiatnya.

    Kandungan gizi pepino juga dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan serat akan bekerja di dalam saluran pencernaan sebagai pengikat asam empedu yang kemudian dikeluarkan bersama feses. Konsumsi serat yang tinggi akan semakin banyak asam empedu dan lemak yang akan dikeluarkan oleh tubuh.

    Sumber: buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit

    Baca Juga:  Atasi Hama pada Budidaya Mujair dengan Trik Ini