Kandungan Gula Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda


Pertanianku – Tahukah Anda bahwa minuman seperti jus apel dan yoghurt yang dikatakan bebas lemak dan sehat ternyata sama buruknya dengan minuman bersoda. Survei menemukan, bahwa segelas jus apel mengandung tujuh sendok gula, yang sama seperti tiga porsi donat Krispy Kreme. Adapun yoghurt bebas lemak mengandung gula dengan takaran sama dengan seporsi es krim.

Kandungan Gula Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda
merdeka

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar mengonsumsi gula tidak lebih dari enam sendok setiap hari. Bila dalam sehari hanya mengonsumsi segelas jus apel, maka sebenarnya gula yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebih. Mungkin langsing akan didapat, tetapi Anda berisiko diabetes.

Chief Medical Officer dari London, Inggris, Sally Davies, meminta agar para orangtua menjaga asupan gula pada anak-anak tidak lebih dari enam sendok. Ini adalah kunci utama agar anak-anak terhindar dari obesitas, penyakit jantung, serta penyakit serius lainnya.

Sally mengambahkan, agar stigma terhadap minuman buruk harus segera diubah. Selama ini, kebanyakan dari orangtua hanya beranggapan bahwa Coca Cola, Pepsi, dan minuman bersoda lainnya adalah minuman tinggi gula yang harus dihindari. Padahal, segelas jus apel yang dianggap sehat sekali pun, ternyata sama tidak menyehatkannya.

Jus apel dan yoghurt yang dianggap bebas lemak sering diberikan pada anak dan biasanya dijadikan bekal sekolah oleh ibu. Para ibu tidak menyadari bahwa terlalu banyak kandungan gula dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Jika sudah seperti ini, maka orangtua harus mulai waspada. Sebab, kelebihan mengonsumsi gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua, dua kali lipat dari orang biasanya. Kelebihan gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Baca Juga:  Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui
loading...
loading...