Kandungan Nutrisi Buah Timun Suri dan Blewah, Buah Andalan Saat Puasa

Pertanianku — Timun suri umumnya dijumpai pada bulan puasa karena buah ini sering digunakan sebagai menu berbuka yang menyegarkan dan menyehatkan. Nutrisi utama buah timun suri adalah air, vitamin C, kalisum, kalium, dan fosfor.

buah timun suri
foto: Pertanianku

Timun suri sering disebut sebagai sumber air dan vitamin C karena kandungan air di dalam buah ini mencapai lebih dari 90 persen. Kandungan air pada timun suri bermanfaat untuk mengeluarkan kelebihan sisa metabolisme di dalam tubuh dalam bentuk asam urat.

Selain itu, kandungan air buah timun suri juga dapat melarutkan mineral, vitamin B dan C, asam amino, serta glukosa dan molekul-molekul kecil lainnya sehingga dapat keluar masuk sel dengan baik.

Air pada timun suri dapat digunakan untuk proses detoksifikasi, sebagai pelumas di sekitar sendi, dan mempertahankan suhu tubuh dengan cara menyerap atau melepaskan panas secara perlahan-lahan. Itu sebabnya buah ini dapat menyembuhkan panas dalam yang kerap dialami ketika bulan puasa.

Sementara itu, kandungan vitamin C tiap 100 gram timun suri dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tiap hari. Kandungan fosfor dan kalsium di dalam timun suri juga dapat mencukupi kebutuhan fosfor dan kalsium selama satu hari. Timun suri juga kaya akan provitamin.

Hal serupa juga terjadi pada blewah, blewah kerap dianggap sumber vitamin C. Hal ini karena setiap 100 gram buah blewah mampu memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C seseorang tiap harinya.

Blewah lebih terkenal kaya akan provitamin A karena komposisi kalium dan beta karoten di dalam 100 gram blewah terbilang tinggi.

Pada dasarnya buah blewah berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan fungsi ginjal dan limpa, serta menurunkan tekanan darah.

Buah timun suri dan blewah umumnya dikonsumsi dalam keadaan segar. Hal tersebut sangat berguna karena kandungan vitamin C di dalam buah tersebut masih utuh.

Baca Juga:  Cara Mengendalikan Penyakit Busuk Daun Kentang atau Hawar Daun

Seseorang yang kekurangan vitamin C akan mengalami penurunan karnitin yang disertai dengan rasa lelah dan lemah. Kandungan vitamin C juga dibutuhkan oleh seseorang yang sedang tertekan karena stres emosional dan psikologis.