Kandungan Nutrisi Cacing Sutera, Pakan Alami yang Sangat Diandalkan

PertaniankuCacing sutera sangat diandalkan sebagai pakan alami pembudidaya ikan, terutama bagi mereka yang bergerak pada segmentasi pembenihan. Pasalnya, cacing sutera mengandung nutrisi yang dibutuhkan dan lebih mudah dikonsumsi oleh benih ikan dibanding pelet yang berukuran terlalu besar bagi benih. Ukuran yang tidak sesuai dapat menyebabkan larva ikan kesulitan untuk mengonsumsinya.

cacing sutera
foto: Pertanianku

Pembudidaya pada umumnya bisa mendapatkan cacing dengan cara mencarinya dari alam atau membelinya di toko ikan hias. Selain itu, saat ini sudah banyak pembudidaya yang ikut membudidayakan cacing sutera sendiri untuk mengefisiensikan biaya pakan. Cara budidayanya juga tidak begitu sulit, tetapi Anda memang perlu menyiapkan waktu dan tempat.

Cacing yang didapatkan dari alam harus dibersihkan terlebih dahulu karena cacing tersebut berpotensi membawa kotoran dan bibit penyakit yang berbahaya bagi ikan. Memang lebih baik jika Anda mendapatkan cacing dari pembudidaya cacing sutera atau membudidayakannya sendiri. Hal ini karena cacing-cacing tersebut lebih terjamin kebersihannya.

Kandungan nutrisi cacing sutera sangat sesuai dengan kebutuhan larva. Hal tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan larva yang diberikan cacing sutera lebih baik jika dibandingkan dengan larva yang diberikan pakan buatan. Larva yang diberikan cacing dapat tumbuh lebih cepat.

Cacing paling sering diberikan pada fase larva untuk ikan konsumsi, seperti ikan mas, lele, gurami, bawal, dan patin. Ikan hias seperti koi dan cupang pun mengonsumsi cacing rambut ini. Cacing sutera berperan seperti ASI di awal pertumbuhan ikan karena sebagai sumber daya tahan tubuhnya.

Secara umum, cacing sutera mengandung sekitar 57 persen protein dan 13 persen lemak. Kandungan nutrisi cacing tidak kalah dibandingkan dengan pakan ikan alami lainnya, seperti Infusoria, Chlamidononas, Chloromonas, dan Artemia.

Baca Juga:  Jenis Sidat yang Tersebar di Dunia

Berdasarkan kandungan tersebut, bukan hanya benih ikan konsumsi yang dapat memakannya, melainkan juga ikan hias seperti ikan cupang. Cacing bermanfaat bagi ikan cupang untuk mengokohkan ekor dan membuat mental ikan cupang menjadi lebih berani. Bahkan, pada umur di atas satu bulan pun ikan cupang masih perlu mengonsumsi cacing sutera karena kandungan lemak di dalamnya