Kandungan Prebiotik Pada Pisang


Pertanianku – Pentingnya kandungan probiotik yang dibutuhkan pada anak bukan hanya membantu sistem kekebalan tubuh tetapi juga dapat mencegah sakit perut dan diare. Namun, probiotik apa yang baik untuk anak, mengingat probiotik identik dengan yoghurt yang biasa dikonsumsi orang dewasa?

Kandungan Prebiotik Pada Pisang

Pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan, makanan bernutrisi sekaligus mengandung probiotik yang bagus untuk anak terdapat dalam pisang. Setelah diberi ASI, anak diperkenalkan dengan makanan pendamping lainnya yang mengandung probiotik. Pisang mengandung probiotik alami dan serat yang baik dan disukai anak-anak.

Menurut Saptawati, organ imunitas terbesar ada di dalam saluran pencernaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan saluran cerna dalam keadaan sehat agar dapat menjalankan berbagai fungsinya, termasuk di antaranya untuk menyerap gizi yang bersumber dari makanan.

Saluran cerna yang sehat akan menunjang tumbuh kembang pada anak, baik secara fisik maupun secara mental. Saluran cerna yang tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan yang tidak hanya mempengaruhi fungsi saluran cerna dan perkembangan otak anak, tetapi juga kondisi psikologis anak dan orang tua.

Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan
loading...
loading...