Kandungan Super Ajaib Buah Anggur

Pertanianku — Anggur sering disajikan sebagai buah konsumsi atau dibuat menjadi minuman berkhasiat bagi kesehatan. Meskipun berukuran kecil, kandungan gizi buah anggur sangat banyak dan dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan buah anggur cukup lengkap, sekitar 25 komponen gizi ada di dalam buah ini.

kandungan buah anggur
foto: Pixabay

Gizi yang terkandung di dalam buah anggur adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, zat besi, zink, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, asam pantotenat, asam folat, vitamin C, vitamin K, serat, dan air. Kandungan air anggur relatif tinggi mencapai 70—80 persen.

Kandungan air yang tinggi di dalam anggur dengan terlarutnya mineral yang seimbang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kerja ginjal, serta relaksasi sistem syaraf.

Kandungan zat gizi lainnya di dalam buah anggur yang tidak kalah penting adalah fitokimia, seperti flavonoid, saponin, polifenol, dan asam ellagic.

Perbandingan mineral-mineral di dalam anggur terbilang baik seperti kalium, kalsium yang tinggi, dan natrium yang rendah, serta kandungan air yang melimpah menjadikan sifat pembentuk basa. Dengan mengonsumsi anggur, pembuluh darah jadi memiliki kemampuan besar untuk mengurangi timbunan racun dan lemak dalam pembuluh darah. Kondisi tersebut dapat mencegah penyempitan yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Kandungan vitamin C dan B kompleks di dalam anggur dapat membuat seseorang tidak mudah merasa lelah serta imun tubuh terus meningkat. Manfaat tersebut bisa didapatkan jika Anda rajin dan teratur dalam mengonsumsinya.

Biasanya, anggur dikonsumsi dalam keadaan segar sebagai makanan penutup. Pelaku diet dan penderita diabetes mellitus sering mengonsumsi buah mungil ini sebagai camilan.

Tahukah Anda, kandungan antioksidan di dalam anggur lebih banyak terdapat di dalam kulit buahnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan membuang kulit anggur, akan lebih baik jika anggur dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya dalam keadaan segar. Bila Anda ingin mengolah buah manis nan menyegarkan ini menjadi jus, jangan saring jus tersebut agar Anda bisa mendapatkan kulit anggur di dalam segelas jus anggur.

Baca Juga:  Resep Es Bungsu yang Super Menyegarkan