Kandungan Vitamin Buah dalam Semangkok Es Buah Menu Buka Puasa

Pertanianku Es buah terdiri atas beberapa jenis buah yang digabung dalam satu mangkok dan diberikan air gula serta susu. Rasa es buah sangat menyegarkan dan menyehatkan. Tak heran, menu ini sering dijadikan menu andalan berbuka puasa. Buah-buahan yang digunakan dalam semangkok es buah memiliki banyak vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, apalagi saat berpuasa satu hari penuh. Berikut ini beberapa jenis buah yang sering dijadikan sajian es buah serta kandungan vitamin buah yang terkandung.

vitamin buah
foto: unsplash

Avokad

Buah asal Amerika Tengah ini menjadi campuran favorit yang sering digunakan dalam pembuatan es buah. Rasanya yang legit dan manis menambah cita rasa es buah menjadi lebih lezat. Setengah buah avokad mengandung 57 µg folat dan mampu memenuhi 14 persen kebutuhan sehari. Kandungan kalium buah ini juga sangat tinggi. Kandungan vitamin buah ini adalah vitamin A, B1, B2, C, E, K, dan biotin.

Loading...

Kandungan kalori buah avokad terbilang cukup tinggi sehingga bisa mengenyangkan perut. Dalam satu buah avokad berukuran sedang mengandung 324 kalori dengan 74 persen air, 10 gram serat, 35 gram lemak, 15 gram karbohidrat, dan 4 gram protein.

Blewah

Blewah sangat sering digunakan sebagai campuran es buah karena mengandung air lebih dari 90 persen sehingga dapat melepaskan dahaga. Selain itu, blewah sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa satu hari penuh. Kandungan vitamin C blewah berguna sebagai anti-oksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kadar glutation anti-oksidan alami dalam tubuh yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Anak-anak hingga orangtua yang membutuhkan sistem imun yang baik sangat dianjurkan untuk mengonsumsi blewah.

Baca Juga:  Kriteria Bibit Lengkeng yang Bagus

Buah naga

Buah naga sering dikonsumsi sebagai buah penghilang dahaga karena teksturnya yang lembut, manis, dan menyegarkan. Kandungan air buah ini cukup tinggi, sekitar 90 persen dari berat buahnya. Buah naga terkenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa membantu menyembuhkan luka.

Kandungan vitamin B2 dan B1-nya sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan nafsu makan.

Melon

Kandungan air pada buah melon relatif cukup tinggi sekitar 95 persen dari berat buahnya. Melon kaya akan vitamin dan mineral sehingga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, apalagi untuk memenuhi seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Air yang terkandung di dalam melon dapat memberikan sensasi dingin dan efek menyejukkan sehingga mampu melepas rasa panas dalam perut dan membersihkan ginjal dari sisa metabolisme.

Loading...
Loading...