Kangkung, Pakan Sehat Sapi di Makassar


Pertanianku – Mendekati bulan suci Ramadhan, permintaan daging sapi terus meningkat. Oleh karena itulah, para peternak sapi berupaya menjaga kondisi kesehatan hewan ternaknya dengan memberikan asupan rumput terbaik.

Kangkung, Pakan Sehat Sapi di Makasar

Para peternak di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tidak membiarkan sapi-sapi miliknya mengonsumsi rumput sembarangan. Para peternak justru memberikan asupan yang berbeda.

Belasan ekor sapi tampak berbaris di pinggir kanal yang berbatasan langsung dengan Kompleks Taman Sari. Segerombolan sapi milik peterenak sedang makan tanaman kangkung yang batangnya menjalar yang tumbuh di area berair seperti sawah, sungai, dan kanal. “Sengaja kita lepas sapi-sapi ini ke pinggir kanal makan sayur kangkung agar kondisinya tetap bugar dan sehat,” tutur Accung, penggembala sapi milik Rahman, sebagaimana dikutip Liputan6 (2/5).

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sulsel Agung Joni Wahyuda mengatakan, memakan kangkung sangat baik untuk kesehatan. Kangkung baik dikonsumsi manusia dan hewan seperti sapi.

“Kami wajib memberikan informasi rasa aman bagi masyarakat di Kota Makassar yang mengonsumsi pangan asal hewani. Dan yang bahaya itu jika sapi-sapi makan limbah sampah di TPA Tamangapa Antang karena ternak yang seharusnya dilepaskan bebas di padang rumput untuk mencari makanan. Namun justru banyak kita temui dan dibiarkan bebas mencari makanan di tumpukan sampah,” ungkap Agung Joni Wahyuda.

Menurut Agung, semua sapi yang bertebaran di TPA umumnya akan melahap sisa makanan manusia. Bahkan, sering juga sapi-sapi itu memakan plastik ataupun sampah yang mengandung logam berat yang akan membuat kualitas nutrisi daging sapi dapat berkurang setelah dipotong.

Baca Juga:  Manfaat Pare Belut untuk Atasi Berbagai Penyakit