Kapan Kambing Siap Dikawinkan?

Pertanianku — Untuk mengawinkan kambing Anda harus menunggu hingga umur kambing siap dikawinkan. Kambing siap dikawinkan saat sudah berumur 6—8 bulan. Namun, untuk kambing jenis PE, baru akan siap dikawinkan setelah berumur 15—18 bulan. Selain umur, Anda harus mengetahui kematangan organ reproduksi kambing agar mendapatkan anakan kambing berkualitas.

kambing siap dikawinkan
foto: pertanianku

Kambing PE yang sudah berumur 5 bulan sudah bisa merasakan birahi. Oleh karena itu, untuk menghindari perkawinan dini, Anda bisa memisahkan antara kambing jantan dan betina saat di kandang ataupun saat digembalakan. Gembalakan kambing jantan di area yang cukup luas agar kambing bisa tetap bergerak dengan leluasa untuk menciptakan tenaga yang kuat dan aktif.

Kambing yang sudah siap dikawinkan sebaiknya dimandikan satu kali dalam seminggu, apalagi jika kondisi cuaca sedang panas. Pakan yang diberikan juga harus diperhatikan untuk mendukung keberhasilan perkawinan.

Loading...

Jangan sampai pakan yang diberikan malah membuat tubuh kambing menjadi terlalu gemuk. Kambing yang terlalu gemuk akan sulit untuk dikawinkan karena kambing menjadi pemalas dan nafsu kawinnya berkurang.

Kambing jantan baru siap dikawinkan setelah berumur 6—8 bulan. Pada umur tersebut kambing sudah bisa mengawini kambing betina. Namun, untuk kambing PE jantan baru bisa dikawinkan setelah berumur 10—18 bulan.

Proses perkawinan kambing betina dan jantan harus diatur agar kambing tidak terlalu lelah. Kambing jantan yang baik adalah kambing yang bisa birahi ketika menerima rangsangan atau mencium bau kambing betina yang berada tidak jauh dari posisinya.

Kambing jantan yang digunakan sebagai pejantan harus dirawat dengan baik serta diberikan pakan bermutu untuk menjaga hasil perkawinan. Kambing jantan bisa memberikan keturunan yang baik hanya sampai umur delapan tahun. Setelah itu, kambing jantan sudah dianggap tua sehingga harus diapkir dan digantikan dengan kambing jantan lainnya yang lebih muda.

Baca Juga:  Kunci Sukses Usaha Ayam Petelur

Kambing jantan dapat menolak kambing betina yang akan dikawinkan. Jika terjadi seperti itu, segera ganti kambing betina. Kambing betina yang sudah siap kawin akan menunjukkan tanda-tanda birahi seperti sering mengembik tanpa sebab.

Selain itu, masa perkawinan juga harus diperhatikan, tidak disarankan untuk mengawinkan kambing saat lima bulan sebelum musim hujan. Hal ini bertujuan mencegah anak kambing lahir pada musim hujan dengan intensitas tinggi.

Loading...
Loading...