Kapan Waktu yang Tepat untuk Memancing Walet ke Sarang?

Pertanianku — Saat ini budidaya walet sudah banyak dilakukan oleh masyarakat karena harga sarang walet sangat menggiurkan. Namun, menghasilkan sarang walet memang tidak gampang. Para pembudidaya sarang walet biasanya harus memancing walet ke rumah yang sudah disediakan untuk walet membuat sarang.

memancing walet
foto: pertanianku

Ada banyak cara untuk memancing walet ke sarang. Misalnya, dengan memasang rekaman suara walet agar walet terpancing datang dan bersarang. Rekaman suara tersebut biasanya diputar dengan DVD lengkap dengan tweeter atau amplifier.

Tingkat keberhasilan memancing walet bergantung pada jenis suara yang direkam dan kualitas hasil rekaman. Walet akan lebih cepat merespons suara walet yang sedang birahi atau yang mau kawin. Hal ini karena walet yang ingin dipancing adalah walet-walet muda. Jika kualitas suara yang digunakan jelek, hal tersebut justru dapat membuat walet kabur.

Loading...

Tak hanya mengandalkan kualitas dan jenis suara, Anda juga harus menggunakan teknik yang tepat saat ingin memancing walet. Teknik tersebut merupakan salah satu kunci kesuksesan upaya memancing kehadiran burung tersebut di dalam sarang. Tentunya, teknik yang digunakan berkaitan erat dengan waktu pemanggilan.

Ada dua waktu pemanggilan yang bisa Anda gunakan, yakni pagi dan sore hari. Pemanggilan pada pagi hari bisa dilakukan dari pukul 05:15—08:00. Pada waktu tersebut, walet yang sudah berproduksi baru keluar dari sarang. Saat Anda memutarkan pancingan, walet tersebut diharapkan masuk ke rumah walet yang sudah disediakan dan masih kosong. Hal ini agar walet beradaptasi dengan ruangan di dalam rumah walet yang baru.

Sementara, pemancingan yang dilakukan di sore hari dilakukan dengan memutarkan suara rekaman selama 24 jam. Diharapkan walet yang baru saja pulang berburu, mau masuk ke rumah walet yang sudah disediakan.

Baca Juga:  Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Kekurangan Nutrisi

Saat alat pemancing tersebut dipasang, walet akan merasa terpanggil oleh suara rekaman yang dipasang di dalam rumah walet yang masih kosong. Anda bisa menggunakan alat penghitung waktu untuk mengatur durasi pemutar suara rekaman.

Setelah walet berhasil masuk ke rumah walet atau sudah berhasil dipancing, lantas kapan waktu yang tepat untuk menghentikan panggilan?

Sebagian orang berpendapat, pemanggil suara tersebut harus dihentikan saat sudah ada burung yang bersarang di dalam rumah walet. Hal tersebut bertujuan menciptakan suasana yang tenang dan tidak berisik sehingga walet nyaman.

Namun, ada yang berpendapat, suara pemanggilan tersebut harus selalu dibunyikan meskipun sudah ada walet yang bersarang. Hal ini bisa mencegah walet kabur dari dalam rumah walet ke tempat lain.

Loading...
Loading...