Kapankah Waktu Yang Tepat Memulai Usaha Itik?


PertaniankuKapan waktu memulai usaha itik petelur yang tepat? Memulai usaha itik petelur dapat dilakukan kapan saja karena permintaan telur itik terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, jika peternak hendak memenuhi puncak permintaan telur itik, waktu yang tepat adalah sebelum bulan puasa hingga melewati beberapa hari setelah lebaran.

Mengenal Itik Petelur

Pada waktu tersebut umumnya di setiap daerah akan memiliki permintaan telur itik yang cukup tinggi sehingga harga jualnya pun lebih tinggi. Apabila peternak ingin memanfaatkan peluang ini, peternak harus memulai pemeliharaan itik ratu sejak 5—6 bulan sebelum bulan puasa sehingga saat produksi puncaknya akan bertepatan dengan waktu tersebut. Selain itu, pertimbangan saat pakan murah juga menjadi perhatian serius. Hal itu mengingat hampir 70% biaya produksi digunakan untuk memenuhi kebutuhan pakan.

Dalam usaha pemeliharaan itik petelur tentunya tidak mungkin hanya terpaku pada saat permintaan tinggi. Hal itu tentunya mengingat masa bertelur itik berbeda-beda, kecuali itik ratu yang lebih dari satu tahun. Jadi, sebaiknya peternak memiliki pasar/langganan tetap yang dapat menyerap hasil produksi telur secara kontinu.

 

Sumber: Buku Itik Petelur Unggul

 

 

Baca Juga:  Fakta Baru! Lemak Susu Bisa Hindarkan Penyakit tak Menular
loading...
loading...