Karakter dan Kelemahan Pleci

0

Pertanianku –  Karakter si kacamata bisa dikatakan bukan burung fighter atau burung tempur seperti burung kecil lainnya, misalnya tledekan dan decu. Karakter burung kacamata lebih mirip dengan cucakrawa. Kalau  diibaratkan manusia, sangat toleransi dan suka hidup bermasyarakat karena di habitatnya selalu hidup berkelompok, baik dalam mencari makan maupun saat istirahat dan tidur di malam hari.

Karakter dan Kelemahan Pleci

Dengan kata lain, sejatinya si kacamata ini kurang pas untuk dijadikan burung kontes karena karakteristiknya bukan burung petarung. Jadi, untuk membuatnya bisa rajin berkicau dan tetap eksis di lapangan atau arena kontes, yang paling penting diperhatikan sebelum menerjunkannya ke arena kontes adalah masa rawatnya harus mencukupi karena tingkat kerajinannya berkicau dan mentalnya sudah tertempa dengan baik. Inilah yang menarik dan membuat banyak orang penasaran untuk menampilkannya di arena kontes karena tingkat kesulitan tersebut.

Di sisi lain, kacamata memiliki kelemahan mendasar, yaitu kondisi fisiknya mudah drop. Bakalan yang baru ditangkap dari alam bebas mudah mati jika salah merawatnya. Jika dilihat usianya, burung kacamata yang dipelihara dapat dikatakan berumur relatif pendek. Kalau kita bisa mempertahankannya selama 6—7 tahun, itu sudah cukup baik.

 

Sumber: Buku Burung Pleci

 

loading...
loading...