Karakteristik Tanaman Jagung Manis Unggul


Pertanianku — Jagung manis memang sangat lezat dan disukai bayak orang. Namun, tidak semua jenis jagung manis itu unggul. Ada juga jagung manis yang bukan merupakan varietas unggulan. Masih banyak di antara masyarakat awam yang tidak mengetahui katakteristik tanaman jagung manis unggul.

Karakteristik tanaman jagung manis unggul
Pixabay

Bagi Anda yang tetarik untuk menanam jagung manis, sebaiknya benih yang dipakai merupakan benih yang berasal dari varietas unggulan. Benih sangat memengaruhi tanaman jagung manis ke depannya. Jika benih yang kita pakai merupakan benih unggulan, maka tanaman jagung manis yang dihasilkan pun juga merupakan jagung manis unggulan.

Namun, untuk melakukan pemilihan tanaman ini harus dilakukan oleh orang yang sudah benar-benar mengerti di bidang budidaya jagung manis. Lantas, apa saja karakter unggul yang ada pada jagung manis? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut.

  1. Memiliki rasa manis yang awet

Salah satu karakter unggul dari jagung manis adalah rasanya yang manis. Karena memiliki rasa yang manis-lah, jagung ini disebut sebagai jagung manis. Walaupun disimpan selama beberapa hari tanpa kulitnya, jagung ini tetap memiliki rasa yang manis asalkan disimpan di lemari pendingin atau di suhu kamar.

  1. Produktivitas jagung manis tinggi

Tanaman jagung manis unggulan sangat identik dengan produktivitasnya yang tinggi. Produktivitas yang tinggi ini ditandai dengan potensinya yang dapat menghasilkan jagung manis hibrida dalam satu musim mencapai 20 ton. Walaupun dibudidayakan di lahan yang sempit, tanaman jagung manis unggul tetap bisa menghasilkan kurang lebih 20 ton.

Selain itu, keunggulan dari jagung manis tidak hanya dilihat dari potensi produktivitasnya, tetapi juga dilihat dari kualitas buahnya seperti penampilan bijinya yang bagus, rasanya yang enak dan manis, serta ukuran buahnya yang besar.

  1. Jagung manis tahan terhadap serangan hama dan penyakit
Baca Juga:  Cara Bertanam Tomat Agar Tahan Hama dan Penyakit

Tanaman jagung manis yang unggul adalah tanaman jagung yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Apalagi saat ini cuaca tidak menentu dan diperlukan tanaman jagung manis yang tahan terhadap segala hal termasuk cuaca, serangan hama, ataupun penyakit.

loading...
loading...