Karakteristik Varietas Cabai Premium

Pertanianku— Di antara cabai yang dijual di pasaran terdapat beberapa varietas cabai premium yang memiliki banyak keunggulan. Biasanya, harga varietas cabai premium lebih mahal daripada cabai biasa. Hal ini disebabkan oleh keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Berikut ini beberapa karakteristik varietas cabai premium.

varietas cabai premium
foto: pertanianku

Produktivitas tinggi

Produktivitas tanaman yang tinggi menjadi salah satu ciri unggul varietas tanaman, termasuk cabai keriting. Produktivitas yang tinggi tersebut sangat disukai oleh petani karena biasanya varietas tersebut dapat menghasilkan cabai sebanyak 0,75—1 kg/tanaman/musim.

Genjah

Tanaman memiliki umur panen yang genjah atau cepat berbuah. Karakteristik ini tentu saja menguntungkan petani karena dapat mempercepat proses produksi cabai. Dengan umur panen yang cepat, rantai pasokan cabai dapat lebih terjamin.

Selain itu, tanaman yang genjah juga dapat mengurangi tingkat kerusakan akibat serangan hama dan penyakit karena penyebaran yang terbatas sehingga perkembangan hama dan penyakit tidak sampai berada di atas ambang batas. Dengan begitu, perkembangan hama kalah cepat dengan datangnya masa panen.

Biasanya, cabai dipanen saat berumur 90—105 hari. Adapun varietas premium biasanya sudah bisa dipanen setelah berumur 80 hari setelah tanam.

Tahan terhadap serangan hama dan penyakit

Varietas cabai unggul pasti memiliki keunggulan berupa tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Karakteristik ini tentu saja menguntungkan petani karena kondisi di Indonesia sangat bagus untuk mendukung perkembangan berbagai hama dan penyakit. Pada musim hujan serangan penyakit biasanya meningkat lebih tinggi, sedangkan di musim kemarau serangan hama yang meningkat drastis.

Daya simpan lama

Varietas cabai unggul memiliki daya simpan yang cukup lama. Dengan begitu, konsumen tetap bisa menikmati cabai dalam keadaan segar meski cabai tersebut sudah dikirim dari jarak yang cukup jauh, bahkan diekspor ke luar negeri.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Lobak Organik di Pot

Memiliki tingkat kepedasan tertentu

Cabai berkualitas premium biasanya memiliki tingkat kepedasan tertentu. Pada dasarnya tingkat kepedasan cabai ditentukan oleh sifat genetik tanaman. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki varietas yang tepat untuk mendapatkan tingkat kepedasan yang diinginkan.