Karantina Induk Lele

Pertanianku – Karantina merupakan proses persiapan induk sebelum dipijahkan. Para pembudidaya biasa menyebutnya pemberokan. Tujuan dari pemberokan adalah untuk memastikan agar induk benar-benar siap dipijahkan dan tidak dalam kondisi sakit. Masa pemberokan biasanya sekitar 1—2 hari.

Karantina Induk Lele

Siap atau tidaknya induk memijah akan menentukan jumlah dan kualitas telur yang dihasilkan. Pada betina, proses pemberokan sangat berguna untuk mengetahui apakah perut yang buncit itu karena berisi telur atau hanya lemak. Jika setelah masa pemberokan perut induk mengempis maka dapat dipastikan perut yang membuncit tersebut bukan mengandung telur, tetapi karena lemak yang berasal dari pakan. Namun, jika setelah pemberokan perut induk tidak mengempis maka dapat dipastikan induk sudah mengandung telur.

Pemberokan dapat dilakukan pada kolam khusus. Hal ini bertujuan agar tidak tercampur antara induk yang dipersiapkan untuk pemijahan dengan induk yang belum dipijahkan. Akan tetapi, jika tidak ada wadah lain karena keterbatasan lahan dan biaya, bisa menggunakan wadah yang sama dengan wadah pemeliharaan. Namun, diperlukan ketelitian dalam memilih induk yang benar-benar sudah siap memijah.

Hal terpenting dari pemberokan adalah media yang digunakan harus berasal dari media kolam pemeliharaan induk. Jika media yang digunakan adalah air baru atau air bening, dikhawatirkan induk akan mengeluarkan telurnya sebelum dipijahkan.

 

Sumber: Buku Bisnis Benih Lele Untung 200%

 

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Terlihat Menjijikkan Tapi Keuntungannya Menggiurkan

loading...