Inilah Beberapa Jenis Karet Sintetis Untuk Kebutuhan Umum


Pertanianku – Karet sintetis ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan, banyak fungsi karet alam yang dapat digantikannya. Jenis-jenis karet sintetis untuk kegunaan umum di antaranya sebagai berikut.

 

Karet Sintetis Untuk Kegunaan Umum

  • SBR (styrena butadiene rubber)

Jenis SBR merupakan jenis karet sintetis yang paling banyak diproduksi dan digunakan. Jenis ini memiliki ketahanan kikis yang baik dan kalor atau panas yang ditimbulkan juga rendah. Namun, SBR yang tidak diberi tambahan bahan penguat memiliki kekuatan yang lebih rendah dibanding vulkanisat karet alam. Jenis SBR panas atau hot SBR dihasilkan melalui proses emulsi pada suhu 50o C. Jenis SBR dingin atau cold SBR dibuat pada suhu 5o C. Dari kedua jenis ini yang lebih banyak dipergunakan adalah cold SBR. Jenis cold SBR di antaranya adalah

– seri 1.500 hanya untuk cold SBR,

– seri 1.600 untuk cold SBR + jelaga atau carbon black,

– seri 1.700 untuk cold SBR + minyak, dan

– seri 1.800 untuk cold SBR + jelaga, + minyak.

  • BR (butadiene rubber) atau polybutadiene rubber

Dibanding dengan SBR, karet jenis BR lebih lemah, daya lekat lebih rendah, dan pengolahannya juga tergolong sulit. Karet jenis ini jarang digunakan tersendiri. Untuk membuat suatu barang biasanya BR dicampur dengan karet alam atau SBR.

  • IR (isoprene rubber) atau polyisoprene rubber

Jenis karet ini mirip dengan karet alam karena sama-sama merupakan polimer isoprene. Dapat dikatakan, banyak sifat IR yang mirip sekali dengan karet alam, walaupun tidak secara keseluruhan. Jenis IR memiliki kelebihan lain dibanding karet alam, yaitu lebih murni dalam bahan dan viskositasnya lebih mantap.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Karet

Baca Juga:  Harga Vanilli Diprediksi Terus Membubung Tinggi Hingga 2028