Kasihan! Tapir Berukuran Jumbo Ini Terjebak di Kolam Ikan


Pertanianku – Seekor tapir berukuran jumbo terjebak di dalam kolam ikan dekat pemukiman warga, di Sumatera Barat (Sumbar). Setelah berhasil dievakuasi, kemudian langsung diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) untuk direhabilitasi ke Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi.

“Kami mendapat laporan adanya seekor tapir yang terjebak di Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padangpariaman, pada Minggu malam,” jelas Kepala Subbagian Tata Usaha BKSDA Sumbar, Wawan Sukawan di Padang, dilansir Antara (30/8).

Sekitar pukul 21.00 WIB, BKSDA turun ke lokasi untuk mengevakuasi tapir malang tersebut. Selanjutnya, pada Senin, 28 Agustus 2017 lalu, akhirnya tapir dibawa ke Padang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ketika dievakuasi, kondisi tapir itu luka lecet di bagian badan, kaki, dan punggung.

Habitat tapir hampir merata di hutan provinsi setempat. Menurut Wawan, tapir yang tersesat ini bukan peliharaan penduduk sekitar. Ia menduga, tapir yang memiliki berat lebih kurang satu ton tersebut tersesat ketika mencari makan hingga terjebak di kolam milik warga dan tidak bisa keluar.

“Tapir ini menurut warga sekitar hampir enam jam terjebak dalam kolam yang membuat kondisinya lemas dan stres,” lanjutnya.

Untuk itu, sebelum hewan tersebut dilepas kembali ke habitatnya, sekitar satu 1 hingga 2 bulan tapir tersebut akan direhabilitasi terebih dahulu untuk pemulihan.

Itu sebabnya, Wawan mengimbau, jika ada masyarakat yang mendapati hewan yang dilindungi tersesat atau terjebak, agar segera menghubungi pihaknya.

“Jika ada hewan yang terjerat atau tersesat, masyarakat diimbau agar tidak membunuhnya melainkan melaporkannya kepada kami,” tambahnya.

Dokter hewan yang menangani tapir tersebut, drh. Idham mengatakan, binatang itu saat ini cukup sehat, namun memang terdapat beberapa luka lecet di sejumlah bagian tubuhnya.

Baca Juga:  Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Indonesia Diresmikan di Pangkalan Bun
loading...
loading...