Kasuari, Burung Berkekuatan Super yang Tak Bisa Terbang


Pertanianku Kasuari adalah burung yang berukuran besar. Burung ini banyak tersebar di bagian timur Indonesia sampai ke Australia. Tapi tahukah Anda? Walaupun termasuk keluarga burung, kasuari adalah salah satu burung yang tidak bisa terbang. Tahu alasannya kenapa?

kasuari
Foto: Pixabay

Berat badan burung kasuari bisa mencapai 80 kilogram. Biasanya, burung kasuari betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan berwarna lebih terang daripada kasuari jantan.

Kasuari dikelompokkan ke dalam tiga jenis, yaitu kasuari gelambir tunggal, kasuari gelambir ganda, dan kasuari kerdil.

Kasuari memang burung berukuran besar dan tidak dapat terbang. Bobotnya yang sangat berat inilah yang menjadi penyebab burung kasuari tidak dapat terbang.

Walaupun tidak dapat terbang, kasuari memiliki kekuatan super yang tidak dimiliki oleh burung lain. Bisa Anda tebak kekuatan itu ada pada bagian apa?

Kasuari memiliki kaki yang sangat kuat dan bercakar tajam. Panjang cakarnya bisa mencapai 13 sentimeter. Kasuari juga bisa berlari dengan kecepatan 50 kilometer per jam.

Ketika merasa dalam bahaya, burung kasuari bisa menyerang hewan lain ataupun manusia dengan menendang dan mencakarnya, bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.

Pada 2003, diberitakan bahwa terdapat delapan kali serangan kasuari di daerah Queensland, Australia. Hal ini menyebabkan luka-luka hingga meninggal dunia.

Terlihat ‘kan betapa supernya keuatan si burung besar ini? Maka dari itu, jangan sekali-sekali membuatnya merasa terancam karena bisa membahayakan diri Anda.

loading...
loading...