Kawanan Anjing Liar Kuasai Jalanan di Mesir dan Serang Penduduk

Pertanianku — Mesir diresahkan dengan kawanan anjing liar yang menguasai jalan-jalan di kawasan tersebut. Seorang ibu rumah tangga bercerita, ia diserang oleh anjing liar saat sedang berbelanja di Kairo pada siang hari. Kabar mengenai serangan ini sedang menjadi isu yang ramai diperdebatkan di Mesir.

kawanan anjing liar
Foto: Pixabay

“Saya keluar dari mobil dan melihat seekor anjing liar yang sangat besar,” kata wanita yang berusia 38 tahun itu, seperti dikutip dari AFP, Selasa (29/1). “Tanpa menggonggong, anjing itu langsung menyerbu dan menggigit saya,” lanjutnya. Hilal mengaku, mengalami luka di bagian paha.

Isu mengenai anjing liar hanya menambah masalah di Kairo. Keluhan tentang serangan anjing, paparan rabies bahkan kematian dalam beberapa kasus selama bertahun-tahun telah memicu seruan penduduk agar pemerintah dapat mengendalikan populasi anjing liar yang hidup di jalanan.

Loading...

Luka dan tewas

Biasa disebut sebagai “anjing baladi”, anjing jenis ini terlihat berkeliaran tanpa tuan dan kotor. Mereka biasanya berlarian di jalanan dan mengerumuni tumpukan sampah untuk mencari makanan. Menurut Kementerian Pertanian setempat, ada sekitar 400 ribu kasus gigitan anjing sepanjang 2017, naik 300 ribu kasus dari 2014.

Selama empat tahun terakhir, tercatat sebanyak 231 orang meninggal dunia akibat luka yang mereka terima, terutama yang terinfeksi rabies. Virus rabies dari gigitan anjing bisa berakibat fatal dalam 24 jam karena virus tersebut membawa infeksi, kata Shehab Abdel-Hamid, kepala badan perlindungan hewan di Mesir (SPCA).

Setelah mengalami gigitan anjing liar, Hilal langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Dia adalah orang kesembilan yang digigit oleh anjing yang sama. Padahal, dia adalah orang yang menyukai anjing dan memiliki beberapa hewan peliharaan saat masih kecil.

“Karena trauma yang disebabkan oleh insiden ini, saya menjadi khawatir dan saya tidak lagi ingin berada di tempat yang sama dengan kawanan anjing liar,” kata Hilal.

Tidak ada data resmi tentang jumlah anjing liar di Mesir, tetapi Abdel-Hamid mengatakan kalau jumlah mereka saat ini hampir mencapai 15 juta ekor. Dan, meskipun anjing liar tampaknya takut pada daerah yang ramai, mereka dapat menjadi galak dan agresif di pinggiran kota yang kurang penerangan dan dikerubungi sampah.

“Sampah adalah alasan utama di balik krisis anjing liar di Mesir,” kata Abdel-Hamid.

Pada November 2018, sebuah video yang beredar luas di media sosial menunjukkan sebuah mobil menabrak seorang remaja yang dikejar oleh dua anjing liar.

Loading...
Loading...