Kebaikan Buah Nanas yang Belum Anda Tahu

Pertanianku – Nanas merupakan buah tropis yang berasal dari Paraguay dan Brazil Selatan. Buah ini termasuk tanaman perdu yang dapat tumbuh setinggi 50—150 cm. nanas memiliki bentuk daun yang memanjang runcing pada ujungnya. Daun tepinya berduri. Nanas dikenal mengandung vitamin C yang cukup tinggi, memiliki anti-oksidan dan mineral yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Kebaikan Buah Nanas yang Belum Anda Tahu

Nanas adalah buah yang cukup populer di berbagai negara termasuk di Indonesia karena rasanya yang manis dan sedikit asam sehingga memberikan rasa segar. Nanas kerap dijadikan sebagai macam-macam hidangan kuliner seperti jus, rujak, asinan atau sebagai bahan pelengkap pada resep masakan. Selain itu, nanas juga memilki kebaikan untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Loading...

Berikut kebaikan buah nanas yang belum Anda ketahui, Dilansir dari Lifehack.

  • Menghaluskan kulit

Vitamin C dalam nanas dapat digunakan secara internal dan eksternal, sebagai obat untuk jerawat dan permasalahan kulit lainnya. Kandungan bromelain, enzim anti-inflamasi pada buah ini menaikkan kekuatan vitamin C.

Nanas dapat memberikan sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen, akan semakin lebih kencang dan fleksibel kulit Anda. Adanya asam amino dan vitamin C dapat memperbaiki sel-sel dan jaringan kulit yang rusak dengan cepat.

Untuk menghaluskan kulit, cukup oleskan jus nanas segar pada wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian cuci menggunakan air hangat. Lakukan setiap malam sebelum tidur, kulit mati Anda akan terkelupas dan wajah terlihat lebih sehat.

  • Menyembuhkan batuk, flu dan sinusitis

Kekuatan vitamin C, enzim, dan bromelain dapat mengurangi dahak dan lendir, serta membangun saluran pernapasan dan rongga pada penderita sinusitis. Oleh karena itu, nanas sangat baik untuk mencegah penyakit yang menyebabkan dahak dan lendir, seperti batuk dan flu. Mengonsumsi nanas bersama dengan obat yang diresepkan dari dokter dapat membantu penyembuhan flu dan batuk.

  • Memperkuat kuku dan mencegah rambut rontok
Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Nanas kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C merupakan elemen penting yang membantu dalam mencegah rambut rontok. Mengonsumsi jus nanas segar memberikan keuntungan untuk mencegah rambut rontok dan meringankan kondisi peradangan yang memengaruhi kulit. Selain itu, nanas juga dapat melembutkan dan memperkuat kuku karena kandungan bromelain dan enzim anti-inflamasi.

Anda juga dapat membuat losion untuk kuku dari buah nanas. Cara membuatnya, siapkan 1 sendok jus nanas dengan 1 kuning telur, 1 sendok teh jus lemon, dan 2 tetes minyak lemon. Campur dan aduk rata kemudian terapkan pada kuku dan kutikula Anda menggunakan kapas atau kuas. Lakukan setiap hari, Anda akan lihat hasilnya.

  • Menghilangkan kulit pecah-pecah

Kulit nanas juga dapat menghilangkan kulit pecah-pecah pada kaki. Kandungan exfoliating dan sintesis kolagen, membantu mengelupaskan kulit kapalan dan pecah-pecah, serta menyingkirkan kulit mati pada kaki.

Dalam 100 gram nanas mengandung sumber yang sangat baik dari mangan dan juga termasuk kalium, tembaga, kalsium, magnesium, beta karoten, tiamin, B6, dan folat, serta serat larut dan tidak larut.

  • Mengurangi gejala arthritis

Salah satu manfaat paling terkenal dari nanas adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan arthritis. Nanas mengandung bromelain dan protein kompleks yang juga memiliki efek anti-inflamasi serius dan telah berkorelasi positif untuk mengurangi tanda-tanda dan gejala arthritis.

Loading...
Loading...