Kebiasaan Hidup dan Pakan Alami Burung Pleci


Pertanianku – Menyangkut kebiasaan hidup si kacamata mungil ini, setiap jenis memiliki beberapa ketidaksamaaan. Sementara itu, terkait dengan pakan alaminya bisa dikatakan tidak ada bedanya.

  1. Kebiasaan hidup

Secara umum pleci jenis apa pun selalu hidup berkelompok dalam jumlah banyak dan jarang ditemukan sendirian atau soliter. Tidak jarang dalam mencari makanan dilakukan secara bersama-sama dengan burung jenis lain seperti burung cabe dari keluarga Dicacidae yang ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan dengan burung kacamata. Keberadaan pleci sangat mudah ditemui karena selalu menyuarakan kicauannya sambil mencari makanan Untuk jenis burung kacamata biasa dan kacamata jawa terkadang bisa berada dalam satu lingkungan, terutama di daerah pinggiran hutan.

Kebiasaan Hidup dan Pakan Alami Burung Pleci

Mengingat kedua jenis kacamata ini dalam mencari atau berburu makanan tidak mengenal tempat atau batas wilayah. Yang terpenting lingkungan yang didatanginya memiliki banyak sumber makanan. Secara umum jenis kacamata jawa dan kacamata biasa banyak ditemukan di hutan sekunder, kebun tanaman keras, taman kota, dan daerah pinggiran kota yang ditumbuhi berbagai jenis pepohonan besar dan kecil. Untuk jenis kacamata gunung sangat jarang ditemukan di area pinggiran hutan karena lebih menyukai hutan primer atau hutan lebat di dataran tinggi dalam mencari makan dan berkembang biak. Begitu pun dengan kacamata laut, akan lebih banyak dijumpai di pulau kecil lepas pantai. Di daerah lepas pantai Pulau Jawa khususnya, kacamata laut banyak dijumpai di Kepulauan Seribu, Masalembo Besar, dan Karimun Jawa. Di daerah lepas pantai Bali banyak ditemukan di Pulau Menjangan dan Nusa Penida. Ke arah timur lagi, juga bisa ditemukan di pulau-pulai kecil lainnya yang ada di sekitar Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa Besar.

  1. Pakan alami
Baca Juga:  Kandungan Gizi pada Daging Bebek Ini Bikin Takjub

Pakan alami burung kacamata yang menjadi kegemarannya di alam antara lain jenis serangga kecil, buah, dan nektar bunga.

 

Sumber: Buku Burung Pleci