Kebiasaan Hidup dan Pakan Alami Love Bird

Pertanianku Kebiasaan hidup maupun pakan alami lovebird saat di alam bebas tidak jauh berbeda dengan kerabatnya yang lain.

Sebagai Lambang Cinta

a. Kebiasaan hidup

Loading...

Hidupnya selalu berkelompok, baik dalam mencari pakan maupun beristirahat saat malam hari. Di negara asalnya, Afrika, daerah huniannya meliputi wilayah hutan terbuka, daerah rawa, sampai pengunungan di ketinggian 1.500 m dpl. Ketika terbang berkelompok melintasi hutan, lovebird selalu menyuarakan suaranya yang nyaring. Si burung cinta sangat suka mengasuh anak-anaknya. Ia selalu membuat lubang di pohon yang menjadi tempat tinggalnya untuk bertelur sebanyak 2—3 butir. Dalam mencari makanan bisa sampai beberapa kilometer dari tempat huniannya.

Jenis burung paruh bengkok, khususnya lovebird, sangat jarang mencari makan dan minum di dasar (lantai) tanah atau tidak akan turun. Saat minum di alam bebas burung, ia memanfaatkan embun dan air hujan yang ada atau tertahan di atas daun sehingga tidak perlu turun ke tanah. Kebiasaan tersebut sangat baik untuk burung kontes. Oleh karena itu, saat menjadi burung peliharaan, khususnya lovebird yang akan dikonteskan sebaiknya menghindari pemberian pakan di dasar sangkar agar tidak mempunyai kebiasaan buruk turun ke dasar sangkar.

b. Pakan alami

Pakan alami si burung cinta, antara lain pucuk daun, biji-bijian, buah, dan nektar bunga. Tidak jarang untuk memenuhi kebutuhannya akan gizi, lovebird liar juga memakan jenis serangga. Ulat daun pun menjadi salah satu pakan alami si burung cinta yang ada di alam. Sebagai burung peliharaan, jenis pakan yang diberikan tidak jauh berbeda dengan pakan alami.

 

Sumber: Buku Love Bird

 

Loading...
Loading...