Kebutuhan Air dalam Budidaya Lele Supaya Hasil Maksimal

Pertanianku — Lele dikenal sebagai salah satu ikan air tawar yang mampu bertahan dengan kondisi minim air dan terkesan seadanya. Namun, fakta menunjukkan bahwa kebutuhan air dalam budidaya lele sangat perlu untuk diperhatikan agar lele tumbuh dengan sehat dan mendapatkan hasil produksi yang melimpah, kualitas air harus terjaga dengan baik.

kebutuhan air dalam budidaya lele
Foto: Dok. Pertanianku

Budidaya lele dengan kualitas air yang baik juga dapat membantu ikan-ikan Anda terhindar dari serangan penyakit. Nah, berikut ini beberapa faktor yang harus Anda perhatikan mengenai kebutuhan air untuk budidaya lele dikutip dari buku Beternak Lele Mudah, Kita Aja yang Bikin Repot.

1. pH air

Loading...

Salah satu yang harus dicek secara rutin dan dijaga agar tetap ideal dalam budidaya lele ialah pH air. Layaknya ikan jenis lain, ikan lele membutuhkan pH ideal agar tetap sehat, nafsu makan normal, dan dapat tumbuh dengan baik. Kisaran pH ideal untuk ikan lele, yaitu 6,8—7,6.

Jika pH terlalu rendah (asam), akan menyebabkan berbagai masalah terhadap air kolam dan ikan. Sebab, jamur dan bakteri akan mudah berkembang pada pH rendah, air kolam berbau dan berbusa, serta ikan pucat dan menggantung tegak lurus di permukaan air kolam. Selain itu, ikan menjadi lemas bahkan mati jika tidak ditangani dengan cepat.

2. Suhu air

Suhu yang ideal juga sangat penting untuk menjaga konsisi ikan. Kebutuhan suhu ideal lele berada di kisaran 23—32° C. Pada suhu air ideal, metabolisme ikan akan meningkat dan membuat ikan menjadi lahap saat makan sehingga pertumbuhannya pun optimal.

3. Kandungan amonia

Selain pH dan suhu air, kadar amonia di dalam kolam lele harus dijaga agar tidak tinggi. Amonia merupakan zat yang tercipta dari hasil penguraian kotoran (feses) ikan dan sisa-sisa pakan di dalam kolam. Amonia bersifat toksik (beracun) terhadap ikan jika terlalu tinggi.

Baca Juga:  Hati-hati, Ini Bahaya Ikan Asin untuk Kesehatan

Tingginya kadar amonia di dalam air akan mengganggu proses peningkatan oksigen oleh darah dan akhirnya menyebabkan kematian pada ikan. Oleh karena itu, untuk mencegah tingginya kadar amonia di dalam air kolam, manajemen pemeliharaan seperti pemberian pakan tepat dosis dan tidak berlebihan serta pengurangan air kolam harus dilakukan secara disiplin dan konsisten.

Ingin informasi lebih jelas mengenai budidaya lele mudah? Nah, Anda wajib datang ke pelatihan yang bertajuk “Bongkar Rahasia Sukses Beternak Lele ala Youtuber William Perkasa”. Pelatihan ini dilaksanakan pada Minggu, 17 Maret 2019, di Function Room, lantai 3 Gramedia Matraman, Jakarta Timur. Biaya pendaftaran hanya Rp100.000 saja dan sudah termasuk buku karya William Perkasa, goodie bag, makan siang, serta doorprize. Tertarik untuk ikut? Yuk, daftarkan diri Anda sekarang juga ke 0813-1888-8180.

Loading...
Loading...