Kebutuhan Nutrisi pada Budidaya Jamur

Pertanianku – Karbon (C) dan nitrogen (N) adalah dua unsur yang menempati peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan budidaya jamur. C beserta dua unsur lain, yaitu hidrogen (H) dan oksigen (O), merupakan unsur dasar penyusun molekul kelompok karbohidrat, lemak (lipid), protein, asam nukleat, dan molekul lainnya.

Secara khusus C menjadi sumber energi bagi aktivitas seluler melalui interkonversi senyawa karbohidrat sederhana sehingga dihasilkan ATP (Adenosin Tri Phosphat) yang merupakan energi siap pakai. N secara khusus berperan dalam pembentukan molekul kelompok protein, dan penambahan unsur fosfor (P) secara khusus berperan dalam pembentukan asam nukleat (Tabel 7).

Meskipun bersifat heterotrof, fungi mampu mensintesis proteinnya sendiri untuk pertumbuhannya. Fungi juga banyak yang mampu membuat vitamin untuk pertumbuhan dan reproduksinya. Namun, ada beberapa fungi yang kekurangan biotin dan/atau tiamin yang harus diambilnya dari medium tempat tumbuhnya. Cadangan makanannya disimpan sebagai glikogen atau minyak.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Jamur

loading...
loading...