Kebutuhan Pakan Ayam Kampung yang Tepat

Pertanianku — Untuk mencegah kandang ayam kampung jadi bau dapat dilakukan dari pemeliharaan yang benar. Pemeliharaan ayam kampung petelur biasanya berlangsung selama 1—1,5 tahun sejak ayam mulai bertelur pertama kali hingga puncak produktivitasnya dan menjadi ayam yang diafkir sebagai ayam potong. Pakan ayam kampung merupakan salah satu poin penting dalam proses pemeliharaan.

pakan ayam kampung
foto: pertanianku

Pemberian pakan dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari dengan dosis yang disesuaikan oleh umur setiap ekor dan nutrisi yang dibutuhkan. Kebutuhan pakan akan semakin meningkat saat ayam semakin menua, hingga selesai masa pemeliharaan, akumulasi pakan yang diberikan sebanyak 10.500 gram.

Selain dosis, campuran bahan pakan juga harus disesuaikan dengan umur ayam. Ayam berumur 12—16 minggu biasanya diberikan jenis pakan starter dicampur dedak dengan perbandingan 3:2.

Loading...

Untuk ayam yang berumur 17—20 minggu biasanya diberikan pakan starter yang dicampur dedak dengan perbandingan 1:1. Dan ayam yang berumur 21 minggu hingga diafkirkan, jenis pakan yang diberikan adalah komersial diet petelur.

Ayam yang sudah mulai berusia 21 minggu biasanya sudah harus diberikan pakan khusus petelur. Pakan ini berupa pakan yang dibuat pabrik ataupun pakan yang diracik sendiri untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta proteinnya.

Selain pakan utama, ayam kampung dapat diberikan pakan tambahan berupa tepung daun kering sebanyak 2—5 persen. Tepung daun kering diberikan dengan cara dicampur ke dalam pakan. Tepung daun kering berfungsi sebagai vitamin tambahan.

Dalam meracik pakan, Anda harus memerhatikan kandungan protein yang ada di dalam pakan. Ayam yang terlalu gemuk dapat menghambat produksi telur. Oleh karena itu, penting menurunkan kadar protein pada pakan di umur 17—18 minggu menjadi sebesar 15 persen. Protein akan dinaikkan lagi sebesar 16 persen saat sudah memasuki masa produktif hingga ayam diafkirkan.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menaikkan Produktivitas Ayam Petelur

Kandungan yang dikurangi atau ditambahkan hanyalah protein. Dosis atau jumlah pakan harus diberikan sesuai dengan kebutuhannya sehari-hari. Pemberian pakan ayam kampung juga tidak boleh melebihi 90 gram/ekor/hari. Hal ini bertujuan menjaga bobot ayam kampung agar tidak kegemukan.

Pemberian minum harus selalu tersedia di kandang dalam kondisi bersih dan terhindar dari berbagai macam bahan berbahaya bagi kesehatan ayam.

Loading...
Loading...