Kebutuhan Pakan dan Peralatannya Ayam Fase Grower dan Developer

Pertanianku – Pada periode grower dan developer apabila ayam jantan dicampur dengan ayam betina maka diperlukan tempat pakan seperti pada Tabel 27.

Kebutuhan Pakan dan Peralatannya Ayam Fase Grower dan Developer

Tempat pakan berbentuk tabung ditinggikan pada bagian dasarnya setinggi punggung ayam. Selain itu, dilakukan pemisahan antara pakan untuk ayam jantan dengan pakan untuk ayam betina. Pemisahan pakan dilakukan dengan pemakaian grill pada ayam betina. Kemudian pakan ayam jantan ditinggikan sehingga tidak teraih oleh ayam betina. Penggunaan grill selain membawa keuntungan yaitu bobot badan ayam jantan mudah dikontrol dan meningkatkan efisiensi penggunaan pakan sebesar 15%. Namun demikian, penggunaan grill yang kurang sesuai ukurannya (lubang grill terlalu kecil) akan menyebabkan luka pada kepala ayam.

Untuk periode grower dan layer, grill yang bisa digunakan berlainan ukurannya. Biasanya untuk periode grower memakai ukuran 20 lubang/m tempat pakan (lubang lebih kecil. Pada layer memakai ukuran 14 lubang/m tempat pakan.

Pada periode grower dan developer, pakan yang digunakan adalah pakan grower atau developer dengan protein dan energi metabolisme lebih rendah dari periode starter. Penggantian pakan sebaiknya dilakukan secara bertahap untuk mengurangi stres pada ayam.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Ayam

 

Baca Juga:  Penyebab Kerugian Beternak Ayam Kampung yang Tidak Bisa Dikendalikan

loading...