Kebutuhan Pakan Kambing Secara Umum

Pertanianku – Secara umum kebutuhan zat gizi kambing dapat dipenuhi dari asupan pakan hijauan. Tentu saja hijauan tersebut harus berkualitas baik agar mencukupi asupan zat gizinya, khususnya energi dan protein. Apabila kualitas pakan hijauan yang diberikan kurang baik, ternak perlu diberikan pakan tambahan, seperti dedak padi dan onggok.

Untuk menambah pemenuhan kebutuhan protein, ternak kambing perah dapat diberikan pakan hijauan dari jenis legume (kacang-kacangan). Pemberian pakan tersebut paling mudah dan murah dilaksanakan oleh peternak di pedesaan. Jenis legume yang banyak ditanam untuk pakan ternak, antara lain lamtoro, kaliandra, glirisidia, dan turi. Adapun untuk mengatasi kemungkinan kurangnya asupan mineral dari pakan hijauan, beberapa mineral yang bisa diberikan seperti garam dapur, kapur, tepung tulang, dan mineral mix.

Bahan pakan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan kambing dan ditambah 10% dari berat badannya. Adapun untuk pakan hijauan, sebaiknya diberikan penambahan 20% dari berat badan karena memperhitungkan pakan yang terbuang.

Loading...

 

Sumber: Buku Bisnis Pembibitan Kambing

 

Baca Juga:  Lokasi Kandang Ayam Broiler yang Strategis
Loading...
Loading...