Kebutuhan Pemanas untuk Ayam

Pertanianku – Pemanas atau induk buatan sangat penting dalam fase-fase kehidupan  anak ayam yang dipelihara terpisah dari induknya. Suhu ideal yang diperlukan anak ayam adalah 320—350 C. Kemudian suhu ini berangsur-angsur diturunkan sampai anak ayam siap beradaptasi dengan udara luar. Lamanya pemakaian pemanas sangat tergantung pada cuaca atau musim. Pada musim hujan, sebaiknya pemakaiannya lebih lama dibandingkan dengan musim kemarau. Pemakaian pemanas pada siang hari juga harus dikurangi terutama pada musim kemarau.

Kebutuhan Pemanas untuk Ayam

Pemanas bisa menggunakan gasolec atau pemanas batu bara. Pemanas dinyalakan 24 jam sebelum DOC datang supaya panas dikandang dapat merata. Pemanas dipakai pada umur ayam ± 2—3 minggu pertama. Selain pemanas, untuk membantu menjaga kestabilan suhu kandang, bisa digunakan tiraiyang dipasang melingkar di sekeliling kandang. Untuk kandang terbuka, pada hari ke-2, sekitar 20 cm di bawah atap dibiarkan terbuka agar udara segar masuk ke kandang. Tirai dibuka mulai dari atas agar anak ayam tidak terkena udara dingin secara langsung. Untuk membuang panas, tirai dibuka pada arah berlawanan dengan arah angin.

Loading...

Pada saat sore hari, bila kondisi suhu menurun, tirai dapat ditutup kembali. Lamanya pemakaian tirai juga tergantung cuaca, tetapi biasanya tidak lebih dari empat minggu. Membuka atau menutup tirai hanya dilakukan pada kandang terbuka. Pada kandang tertutup, sejak hari pertama dijalankan satu buah kipas exhaust fan dan bila siang terasa panas maka pada hari ke-3—5, kipas kedua dinyalakan. Kebutuhan kipas dan cooling pad disesuaikan dengan luas kandang dan biasanya suhu closed house selepas fase brooding diatur pada temperatur 26o C.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam

Baca Juga:  Penggunaan Limbah Restoran untuk Pakan Induk Ayam Penghasil Telur Tetas
Loading...
Loading...