Kebutuhan Protein dan Vitamin pada Burung Peliharaan

Pertanianku – Saat Anda memutuskan untuk memelihara burung, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah pemberian protein dan vitamin yang mencukupi burung peliharaan Anda.

Kebutuhan Protein dan Vitamin pada Burung Peliharaan

Pemberian multivitamin dan nutrisi sebenarnya merupakan suatu hal yang sangat penting agar burung peliharaan selalu berada dalam kondisinya yang fit. Berdasarkan informasi dari para ahli burung dan penggemar burung berpengalaman, ternyata banyak burung yang dipelihara di rumah masih mengalami kekurangan vitamin dan nutrisi dari yang seharusnya.

Loading...

Burung yang masih berusia muda mengalami pertumbuhan dengan cepat jika dibarengi dengan pemberian protein yang cukup. Pemberian protein dalam jumlah 20% saja sudah cukup untuk pertumbuhan burung muda. Dalam skala penangkaran, masih banyak yang memberikan protein ini dengan jumlah antara 8—12 %. Jumlah tersebut masih terlalu rendah untuk menstimulasi perkembangbiakan burung atau juga memaksimalkan pertumbuhan anak-anaknya.

Terdapat dua cara untuk meningkatkan kebutuhan akan protein pada burung peliharaan. Berikut kedua cara dimaksud.

  • Menambah asam amino dalam menu makannya sehingga burung bisa memanfaatkan semua kandungan protein yang terdapat dalam buah-buahan, biji-bijian, atau makanan yang mereka makan.
  • Selama berkembang biak, jika tidak cukup pemberian protein untuk menstimulasikan perkembangbiakan burung, bisa dirangsang dengan pemberian BirdHormone atau BirdMature. Suplemen tambahan ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat bermanfaat. Suplemen tersebut bisa berfungsi sebagai booster untuk kesuburan, pertumbuhan anakan, dan menjaga kualitas bulu.

Sementara itu, hanya ada satu tindakan untuk memastikan bahwa burung peliharaan sudah terjamin kebutuhan gizi dan nutrisinya, yaitu dengan memberikan suplemen dan vitamin tambahan yang dibutuhkan untuk burung peliharaan Anda.

Pemberian multivitamin untuk burung ini bisa berupa vitamin dalam cair ataupun serbuk yang dimasukkan dalam makanan atau minuman atau juga yang diberikan langsung melalui mulut burung. Sekarang ini banyak produk multivitamin yang banyak dijual di pasaran. Anda harus cermat dalam memilih multivitamin apa yang cocok untuk burung peliharaan Anda.

Baca Juga:  Tips Memilih Pakan Kelinci untuk Pemula
Loading...
Loading...