Kebutuhan Zat Pakan Sapi yang Harus Dipenuhi

Pertanianku — Peternak harus mengetahui zat pakan sapi apa saja yang harus dipenuhi. Setiap hewan ternak membutuhkan zat pakan yang berbeda-beda untuk menunjang pertumbuhan setiap harinya. Selain jenis hewan, umur juga menentukan banyaknya zat pakan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui dengan baik kebutuhan zat pakan sapi ternak.

pakan sapi
foto: pertanianku

Air

Hampir lebih kurang 70 persen bagian tubuh sapi terdiri atas air. Jika sapi mengalami kekurangan air hingga 20 persen, sapi dapat mati. Kebutuhan air sangat dipengaruhi oleh iklim yang sedang berlangsung, umur, bangsa sapi, dan jenis pakan yang diberikan. Kebutuhan air untuk sapi dapat dipenuhi dari air minum, air yang terkandung di dalam pakan dan air yang berasal dari proses metabolisme zat pakan dalam tubuh.

Loading...

Protein

Protein untuk hewan ternak bisa didapatkan dari bahan pakan seperti daun turi dan daun lamtoro. Protein juga bisa didapatkan dari biji-bijian seperti bungkil kedelai dan bungkil kacang tanah. Sapi yang kekurangan protein tidak bisa membuat dan memelihara jaringan tubuh. Akibatnya, pertumbuhannya terganggu dan penimbunan daging menjadi menurun.

Sapi bisa memakan bahan pakan protein apa saja, tidak perlu bahan pakan berprotein yang istimewa seperti ternak nonruminansia. Sapi mampu mencerna bahan pakan yang tidak dicerna oleh ternak lain.

Hidrat arang

Hidrat arang merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh sapi untuk bertahan hidup. Sumber hidrat arang adalah biji-bijan dan hijauan. Zat ini sangat mudah untuk dipenuhi sehingga jarang menjadi masalah bagi para peternak.

Lemak

Lemak bisa diperoleh dari tiga sumber, yaitu lemak itu sendiri, protein, dan hidrat arang. Sapi yang digemukkan akan menyimpan hidrat arang dan lemak di tubuh dalam bentuk lemak badan. Lemak badan menyelubungi serabut otot sehingga otot sapi menjadi lebih lembut. Sumber lemak utama terdapat pada bungkil kacang tanah dan bungkil kelapa.

Baca Juga:  Langkah Mudah Memilih Telur Tetas yang Baik

Mineral

Beberapa unsur mineral penting yang harus dipenuhi adalah natrium, klor, kalsium, fosfor, sulfur, ferum, kalium, magnesium, iodium, kuprum, kobalt, seng, dan selenium. Mineral bisa didapatkan dari hijauan atau bahan pakan yang berasal dari padi. Ternak yang kekurangan mineral akan cenderung senang memakan tanah.

Vitamin

Tubuh ternak juga membutuhkan vitamin meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Tanpa vitamin, proses perombakan bahan pakan di dalam tubuh ternak tidak berjalan normal. Vitamin bisa didapatkan dari bahan pakan yang digunakan.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...