Kecepatan Tumbuh dan Karakter Khusus Tanaman

Pertanianku – Berdasarkan kecepatan tumbuh, ada beberapa jenis tanaman yang memiliki kecepatan tumbuh cepat, seperti bintaro (Cerberra odolam), kersen (Muntingia calabura), dan wedelia (Wedelia trilobata). Ada tanaman yang memiliki kecepatan tumbuh biasa-biasa saja, seperti kemuning (Murraya paniculata) dan kiara payung (Filicium decipiens). Namun, ada juga tanaman dengan kecepatan tumbuh yang lambat, seperti phuniks (Phoenix roebelinii) dan sikas halus (Cycas revoluta).

Kecepatan Tumbuh dan Karakter Khusus Tanaman

Berkaitan dengan diameter tanaman, tanaman (terutama pohon) ada yang memiliki diameter lebar, diameter sedang, dan diameter kecil. Tanaman yang memiliki diameter lebar, yaitu beringin (Ficus benjamina) dan pohon sosis (Kigelia pinnata). Contoh tanaman berdiameter sedang, yaitu mahoni (Swietenia mahagony) dan tanjung (Mimusops elengii). Contoh tanaman berdiameter kecil, yaitu glodogan tiang (Polyalthia longifolia). Sementara itu, berdasarkan kerapatan tajuknya, tanaman terbagi menjadi tanaman dengan bertajuk sangat rapat, tajuk sedang, dan tajuk jarang. Contoh tanaman bertajuk sangat rapat, yaitu kiara payung (Filicium decipiens) dan angsana (Pterocarpus indicus). Contoh tanaman dengan kerapatan tajuk sedang, yaitu bunga kupu-kupu (Bauhinia purpurea). Contoh tanaman dengan kerapatan tajuk jarang atau transparan, di antaranya janda merana (Salix babylonica), jakaranda (Jacaranda schizolobium), dan flamboyan (Delonix regia).

Loading...

Dalam penggunaan pada taman, perlu pula diperhatikan masalah kekuatan dan keliatan batang. Keliatan batang mempunyai pengaruh besar terhadap kemampuan menahan angin dan terpaan hujan. Selain itu, keliatan batang mempunyai pengaruh besar untuk penggunaan pada area bermain anak karena batang yang getas atau medah patah akan membahayakan. Contoh tanaman yang memiiki batang sangat liat adalah jambu biji (Psidium guajava), sedangkan contoh tanaman dengan keliatan batang normal, yaitu kembang sepatu dan dadap merah. Adapun tanaman dengan batang yang getas adalah asam londo (Pithecellobium dulce), akasia (Acacia auriculiformis), dan kamboja (Plumeria sp.).

Baca Juga:  Langkah Mudah Membuat Minyak Atsiri Bunga Sedap Malam

 

Sumber: Buku Tanaman Hias Indonesia

 

Loading...
Loading...