Kecombrang, Lezat dan Kaya Manfaat

Pertanianku Kecombrang adalah tanaman yang biasa dimanfaatkan bagian bunganya. Biasa dimanfaatkan untuk campuran masakan. Bunga kecombrang yang cukup diminati ini ternyata tak cuma lezat, tapi juga kaya manfaat.

 Kecombrang adalah
Foto: pixabay

Di Jawa Barat, kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus dan dimakan bersama sambal. Sementara, di Banyumas, kecombrang kukus menjadi salah satu campuran pecel. Begitu pula di Sulawesi Selatan, kecombrang digunakan sebagai bumbu masakan palu mara dan berbagai jenis sayuran urap.

Di Indonesia, tanaman ini tersebar di beberapa daerah. Bunga ini memiliki nama lain seperti kincung (Medan), kumbang sekala (Lampung), sambuang (Minangkabau), patikala (Sulawesi Selatan), dan kecicang (Bali).

Loading...

Berikut ini beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan.

Mengatasi bau badan dan penyakit kulit

Bunga kecombrang dapat dimanfaatkan sebagai sabun. Wangi bunga ini dapat dimanfaatkan dengan cara menggosokkan langsung bagian batang kecombrang ke tubuh dan wajah. Cara lain adalah dengan mememarkan bagian kecombrang hingga keluar busa dan bau harum, lalu digunakan sebagai sabun.

Penyakit kulit yang dapat diobati dengan bunga kecombrang salah satunya adalah campak. Caranya adalah dengan mengoleskan bunga kecombrang ke tubuh untuk menghilangkan bintik-bintik campak.

Membantu meredakan batuk

Bagian tanaman kecombrang yang dimanfaatkan sebagai obat batuk adalah batang kecombrang. Ketika sudah tua, batang tanaman ini akan mirip seperti jahe atau lengkuas.

Cara pemanfaatannya adalah dengan memotong batang sepanjang 30—40 cm. Batang tersebut dibakar atau dipanggang dengan api sedang. Beberapa saat kemudian, kulit batang akan terkelupas dan memperlihatkan bagian dalam batang yang merupakan batang muda.

Sari dari batang muda, yang kerap disebut umbut ini, diambil dengan cara ditumbuk kemudian diperas. Air hasil perasan ditampung ke dalam wadah. Sari tersebut ditambah dengan gula batu dan air, kemudian bisa langsung dikonsumsi.

Baca Juga:  Tips Mengurangi Rasa Pahit Daun Pepaya

Menurunkan demam

Air bunga kecombrang juga bermanfaat sebagai obat untuk meredakan demam. Caranya adalah dengan mengambil batang pohon kecombrang. Batang tersebut dikupas dan diambil bagian dalamnya atau umbut.

Umbut ditumbuk namun tidak sampai halus, kemudian diambil airnya. Air hasil perasan umbut dimasukkan ke wadah yang cukup besar. Selanjutnya, masukkan kain wol atau kain katun ke wadah tersebut untuk meresapkan air hasil perasan. Terakhir, pakaikan kain hasil perasan sebagai kompres untuk penderita demam.

Loading...
Loading...