Kegagalan Menanam Pohon Buah yang Sering Terjadi

Pertanianku — Sebagian masyarakat masih kesulitan untuk mengetahui cara agar pohon buah yang benar sehingga kerap ditemukan kegagalan menanam pohon buah yang ditanam sendiri di pekarangan. Padahal, menanam buah cukup mudah dilakukan jika Anda mengerti dasar-dasarnya dengan belajar dari pakar yang ahli ataupun membaca berbagai literatur.

kegagalan menanam pohon buah
foto: pertanianku

Tanaman yang tidak kunjung berbuah pasti disebabkan oleh sesuatu yang tidak disadari, seperti kesalahan dalam memelihara, salah pupuk, ataupun perubahan cuaca yang ekstrem. Berikut beberapa kegagalan menanam pohon buah yang biasanya terjadi.

Tanaman belum cukup umur

Loading...

Setiap tanaman memiliki umur berbuah yang berbeda-beda, bergantung pada jenis tanaman dan bibit yang digunakan. Jika bibit yang digunakan merupakan perbanyakan secara generatif atau menggunakan biji, batas umur pohon berbuah cenderung lebih lama dibandingkan bibit yang diperbanyak secara vegetatif, seperti setek, cangkok, dan okulasi.

Bibit yang diperbanyak secara generatif harus tumbuh dari nol. Biji yang tumbuh harus menjadi tanaman baru harus membentuk akar, batang, tajuk, dan daun. Dengan begitu, produksi bunga awal menjadi lebih lamban.

Teknik pemupukan yang salah

Pemupukan N (nitrogen) yang berlebihan malah akan membuat pohon tumbuh terlalu rimbun. Tajuk tanaman yang tumbuh terlalu rimbun akan menghalangi jalan masuk sinar matahari. Pengaruh dari sedikitnya intensitas cahaya yang mengenai pohon adalah terhambatnya proses fotosintesis hingga akhirnya pohon kurang maksimal menghasilkan karbohidrat. Hal tersebut akan berdampak pembentukan bunga yang tidak optimal.

Perhatikan jenis pohon

Pastikan pohon yang Anda tanam dapat berbuah sendiri. Ada pohon yang akan berbunga jika dilakukan pembuahan dari bunga yang dihasilkan oleh pohon jantan. Tanaman yang tidak bisa berbuah sendiri adalah lengkeng, salak, wuni, dan rukem.

Baca Juga:  Pemberian Air untuk Tanaman Buah Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan

Ada juga tanaman yang hanya bisa berbuah jika bunganya mendapatkan tepung dari pohon sejenis, seperti alpukat.

Waktu masak bunga yang tidak bersamaan

Pohon yang Anda tanam bisa saja tidak berbuah hanya dikarenakan waktu pemasakan bunga jantan dan bunga betina yang tidak bersamaan. Oleh karena itu, jika salah satu bunga masak, bunga lainnya sudah gugur atau masih terlalu muda.

Gugur bunga

Meski pohon sudah tumbuh bunga dalam jumlah banyak, masih ada kemungkinan pohon tidak berbuah karena terjadi gugur bunga. Gugur bunga biasanya disebabkan oleh kekurangan nitrogen dan kelebihan kalsium di dalam tanah, kurangnya kandungan air dalam tanah, batang bawah bibit okulasi kurang baik, adanya serangan hama atau penyakit, hujan terlalu deras dan angin terlalu kencang, serta penyemprotan pupuk daun yang tidak tepat waktu.

Loading...
Loading...