Kegunaan Daun Pisang Sangat Menguntungkan Manusia

Pertanianku — Setiap tumbuhan memiliki kegunaannya masing-masing, termasuk salah satunya daun pisang. Banyak yang belum tahu kegunaan daun pisang yang bahkan bisa menguntungkan manusia.

kegunaan daun pisang
Foto: Pixabay

Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun pisang dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti sakit kepala, menurunkan panas, dan masih banyak lagi. Kandungan penting dalam daun pisang di antaranya lignin, polifenol, hemiselulosa, allantonlin, dan protein.

Daun pisang yang biasanya hanya dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan atau lainnya ternyata memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan serta pengobatan alami. Hal ini karena kandungannya yang dapat mengobati penyakit seperti meredakan panas, batuk, dan radang tengorokan.

Bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan

Daun pisang dapat mengobati sakit tenggorokan seperti sakit saat menelan makanan atau minum. Caranya, dengan mengonsumsi air rebusan daun pisang yang telah dikeringkan terlebih dahulu seperti halnya kita menyeduh teh dalam gelas. Lakukanlah cara ini 1—2 kali sehari, maka dengan cepat sakit tenggorokan akan hilang.

Bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit disentri

Daun pisang mengandung zat aktif alami yang dipercaya dapat menghentikan peradangan pada usus yang bisa menyebabkan keluarnya pendarahan saat proses buang air besar. Konsumsilah rebusan daun pisang ini secara rutin dan teratur 1—2 kali dalam sehari sebagai solusi alternatif untuk menghentikan pendarahan tersebut.

Bermanfaat sebagai hiasan dalam upacara adat

Di beberapa daerah seperti Bali, daun pisang digunakan sebagai hiasan atau aksesoris dalam upacara-upacara adat.

Bermanfaat untuk kerajinan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tangan-tangan terampil atau kreatifnya. Salah satunya, membuat kreasi dari daun pisang yang mungkin terlihat sederhana unik dan bisa dijadikan sumber mata pencaharian.

Bermanfaat sebagai media tanaman

Manfaat daun pisang yang lainnya, yaitu dapat dijadikan sebagai media tanaman. Daun pisang ini memiliki kandungan lignin, hemiselulosa, dan protein. Daun pisang bisa dimanfaatkan sebagai media tanam untuk budidaya jamur.

Baca Juga:  Begini Cara Memilih Jambu Biji yang Baik

Bermanfaat sebagai bahan pakan ternak

Selain mengandung protein, lignin, dan hemiselulosa, daun pisang juga mengandung polifenol. Jika daun pisang kering tersebut dalam skala besar, akan berubah seperti daun teh yang dapat menghasilkan aroma khas. Akan tetapi, bagian ini hanya berlaku untuk makanan atau pakan ayam ternak.

Loading...