Kegunaan Kopi Bisa Jadi Alternatif untuk Wewangian

Pertanianku — Apakah Anda tahu kegunaan kopi bisa dijadikan sebagai alternatif untuk wewangian ruangan yang lebih baik dibanding pewangi lainnya? Ya, kondisi ruang kerja yang nyaman salah satunya ditentukan dari aroma yang beredar. Untuk membuat aromanya menjadi nyaman dan menyenangkan, beberapa wewangian bisa jadi alternatif yang baik.

kegunaan kopi
Foto: Pixabay

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kartini Rustandi merekomendasikan lebih baik tempat kerja tidak menggunakan pewangi semprot otomatis. Hal tersebut dia sampaikan dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta.

“Kalau di ruangan saya, saya tidak suka pakai pewangi semprot yang otomatis. Karena itu juga bahan kimia. Jadi saya pakai biji kopi. Saya taruh saja biji kopi,” kata Kartini menceritakan. “Atau, juga bisa dengan teh atau cengkeh,” tambahnya.

Kapur barus juga disarankan untuk tidak digunakan di ruang kerja. Kartini mengatakan, apabila terlalu dekat dengan seseorang, orang tersebut bisa merasa pusing. Hal ini berbahaya juga bagi kesehatan.

Selain itu, sekalipun terlihat bersih dan bebas dari limbah, belum tentu kantor atau ruang kerja benar-benar aman dari benda-benda yang membuat kita sakit. Kartini mengatakan, limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) sebenarnya ada di sekitar kita.

“Misalnya mikrofon, ini baterainya ke mana. Bekas komputer yang rusak mau di kemanakan. Ini tidak bisa dibuang sembarangan,” katanya. “Laptop, handphone, ini ‘kan di dalamnya juga terbuat dari bahan-bahan yang mengandung komponen-komponen yang berbahaya,” ujarnya menambahkan.

Orang seringkali membuang baterai sembarangan. Padahal, benda tersebut seharusnya dipisahkan dari sampah-sampah lainnya. “Sehingga kalau kita membuang baterai sembarangan, kita sudah mencemari lingkungan,” ungkap Kartini.

Oleh karenanya, benda-benda semacam itu sudah sepatutnya diperlakukan sama seperti limbah medis. “Jadi kalau dulu kita berpikiran hal semacam ini hanya dilakukan oleh rumah sakit. Di kantor juga ada hal-hal yang harus kita pikirkan,” tandasnya.

Baca Juga:  Ekspor Olahan Sawit Terus Meningkat
Loading...