Kegunaan Minyak Kelapa untuk Redakan Eksim


Pertanianku — Eksim (Atopic dermatitis) merupakan suatu kondisi peradangan kulit yang kerap disertai gejala kemerahan, kering, dan gatal. Kunci perawatan eksim adalah menjaga kulit tetap terhidrasi. Ada beragam cara untuk membuat kulit tetap lembap dan terhidrasi, salah satunya dengan memanfaatkan kegunaan minyak kelapa.

kegunaan minyak kelapa
Foto: Pixabay14

Cukup banyak penderita eksim yang mengungkapkan bahwa minyak kelapa dapat membantu mereka meringankan gejala kering dan gatal akibat eksim karena bahan tersebut merupakan pelembap alami yang tidak memiliki efek samping.

“Minyak kelapa tidak bisa menyembuhkan eksim, tapi bisa menenangkan kulit, mengurangi iritasi dan gatal, serta mengurangi risiko infeksi,” ungkap tenaga medis Debra Sullivan, Ph.D., MSN., RN., CNE., COI, seperti dilansir Medical News Today.

Minyak kelapa juga dapat membantu meredakan gejala eksim karena kaya akan kandungan asam laurat. Asam laurat juga dikenal sebagai asam lemak sehat. Uji klinis double-blind pada 2014 lalu mengungkapkan bahwa pengaplikasian minyak kelapa virgin pada kulit selama delapan minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit pada anak-anak penderita eksim.

Penelitian pada 2018 juga mengungkapkan bahwa minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu melindungi kulit. Hal serupa juga diungkapkan dalam penelitian pada 2013 lalu. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kandungan anti-oksidan yang dapat menunjang perawatan masalah kulit.

Tak hanya itu, ulasan ilmiah pada 2014 juga menyimpulkan bahwa minyak kelapa dapat secara efektif mengurangi keberadaan bakteri, virus, dan jamur. Hal ini dinilai dapat membantu penderita eksim karena kulit yang terkena eksim cenderung lebih rentan terhadap infeksi kulit.

Penggunaan minyak kelapa untuk meredakan gejala eksim juga cukup mudah. Minyak kelapa yang digunakan bisa dalam bentuk padat ataupun cair. Bila menggunakan minyak kelapa padat, taruh potongan kecil minyak kelapa padat terlebih dahulu di antara ibu jari dan jari telunjuk. Gosok minyak tersebut hingga berubah menjadi lebih lembut sebelum digunakan.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Minyak Esensial Lavender

Pengaplikasian minyak kelapa untuk meredakan gejala eksim sebaiknya dilakukan dua kali sehari atau lebih jika dibutuhkan. Penderita eksim bisa menggunakan minyak kelapa seperti halnya losion pelembap biasa.

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pengganti kondisioner untuk meringankan eksim di kulit kepala. Cukup aplikasikan minyak kelapa di area kepala dan pijat lembut area kulit kepala. Biarkan minyak kelapa selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Namun demikian, ada baiknya jika penderita eksim berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan minyak kelapa sebagai obat alami untuk meredakan gejala eksim. Minyak kelapa juga sebaiknya tidak digunakan oleh penderita eksim yang alergi terhadap kelapa.