Kegunaan Pohon Kurma dan Buahnya yang Tidak Banyak Diketahui

PertaniankuKegunaan pohon kurma sangat banyak. Begitu pula dengan buah kurma yang manis dan legit ini. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Padahal, pemanfaatannya cukup luas untuk banyak hal.

Kegunaan pohon kurma
Foto: pixabay

Kayu pohon kurma

Kayu pohon kurma biasa digunakan sebagai tiang dan langit-langit pada pondokan. Kayu pohon kurma lebih ringan daripada kayu pohon kelapa. Kayu ini juga tidak begitu tahan lama.

Kayu pohon kurma digunakan sebagai bahan baku konstruksi. Banyak jembatan dan saluran air terbuat dari kayu pohon kurma. Kayu kurma juga biasa digunakan sebagai bahan bakar.

Tandan pohon kurma

Tandan buah yang sudah dipreteli bisa digunakan sebagai sapu. Di Pakistan, dikenal olahan sirup yang terbuat dari buah kurma yang sudah matang. Sirup ini bukan untuk dikonsumsi, melainkan sebagai zat pelapis tas kulit dan pipa. Tujuannya, mencegah kebocoran.

Getah pohon kurma

Pohon kurma memiliki getah yang bisa dimanfaatkan. Getah ini bisa dibuat menjadi sirup dan produk lain yang bisa dikonsumsi.

Daun kurma

Daun kurma digunakan oleh umat Kristiani sebagai properti pada upacara Palm Sunday. Setiap Sukkot, salah satu hari libur di Yahudi, daun-daun kurma digunakan sebagai lulav.

Di Afrika Utara, daun kurma biasa digunakan untuk membuat pondokan. Daun yang sudah dewasa bisa dibuat menjadi tikar, layar, keranjang, dan kipas.

Daun kurma juga bisa diolah menjadi isolasi. Tangkai daun yang sudah kering bisa jadi sumber selulosa dan dijadikan tongkat jalan, sapu, umpan pancing, hingga bahan bakar.

Pelepah daun kurma bisa mengeluarkan aroma. Serat pelepah daun biasa dijadikan tali, kain kasar, dan topi besar.

Biji kurma

Biji kurma bisa digunakan sebagai pakan ternak. Cara mengonsumsinya dengan direndam terlebih dahulu. Minyak biji kurma juga bisa dimanfaatkan untuk produk kecantikan dan kosmetik. Salah satu produknya adalah sabun dari minyak biji kurma.

Baca Juga:  Unsur Hara yang Dibutuhkan Tanaman Kelapa Sawit Muda

Jika diolah lebih lanjut, biji kurma bisa digunakan sebagai sumber asam oksalah. Benih-benih kurma ini juga bisa dibakar untuk membuat arang. Arang dari biji kurma digunakan oleh pengrajin perak untuk mencetak perak menjadi kalung.

Lebih lanjut, biji kurma bisa menjadi tambahan dalam minuman kopi. Cara pengolahannya hampir sama seperti pengolahan kopi pada umumnya.

Buah kurma

Buah kurma sudah tidak asing lagi dikonsumsi, baik dalam bentuk segar maupun sudah dikeringkan. Kurma sendiri memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan sehingga dimanfaatkan juga di bidang medis.

Loading...