Kehebatan Produk Hortikultura untuk Perkuat Imun

Pertanianku — Kasus Covid-19 yang terus melonjak naik membuat sebagian besar masyarakat Indonesia khawatir. Masyarakat diimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Guru Besar IPB, Prof. Muhammad Firdaus mengatakan ada banyak kandungan serat sehat pada subsektor hortikultura yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh, terutama makanan sehat yang termasuk glowing food.

imun tubuh
Foto: Pixabay

Glowing food adalah salah satu rekomendasi badan internasional untuk banyak dikonsumsi selama pandemi Covid-19. Ini mencakup sayur dan buah yang beraneka warna sehingga sangat baik untuk kesehatan (healthy diet),” papar Firdaus seperti dikutip dari laman hortikultura.pertanian.go.id.

Produk-produk pertanian juga baik untuk mendukung kesehatan jiwa agar selalu bahagia yang bisa didapatkan saat merawat tanaman hias bunga atau daun.

“Apalagi potensi bisnis bunga Draceana, Aglaonema, Anthurium sangat besar dan tidak hanya di dalam negeri, melainkan permintaan ekspor, terutama saat pandemi seperti sekarang,” tuturnya.

Produk lain dari pertanian yang tidak kalah berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah tanaman obat. Saat ini permintaan tanaman obat seperti empon-empon sedang meningkat tinggi karena sebagain besar masyarakat Indonesia mulai rutin mengonsumsi ramuan setiap hari. Selain itu, tanaman obat ini memang sudah menjadi obat tradisional yang diwariskan secara turun-temurun sehingga tidak akan pernah lepas dari kebudayaan masyarakat Indonesia.

“Inilah salah satu penyumbang masih bertumbuh positifnya pertanian Indonesia selama fase krisis akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Peningkatan produk hortikultura sudah sejalan dengan permintaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang telah mengajak semua pihak untuk menjaga dan menghidupkan sektor pertanian berbasis hortikultura. Salah satunya dengan mengikuti program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Semua aktivitas ekonomi lain turun, sedangkan pertanian meningkat. Apalagi akselerasi pertanian tinggi sekali, terutama selama pandemi. Karena itu, jangan tinggalkan sektor pertanian,” pungkas Firdaus.

Baca Juga:  Cara Mencegah Serangan Lalat Buah pada Jambu Air Khiojok