Keindahan Flora Indonesia Dalam Seni Rangkaian Daun

Pertanianku Event Trubus Agro Expo pada 29 November hingga 1 Desember 2019 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang akan memikat perhatian hobiis. Salah satunya adalah gelaran exhibition yang bertajuk The Secret of Performin Leaves (Inspirasi Keindahan Rangkaian Daun) dengan tema “Pesona Rangkaian Daun Indonesia”.

Rangkaian daun
foto: pertanianku

Exhibition tersebut akan digelar selama Trubus Agro Expo berlangsung selama 3 hari. Dalam acara tersebut akan dihadiri oleh 12 orang seniman flora profesional Indonesia yang dikomandoi oleh Ikatan Perangkai Bunga Indonesia.

Seni merangkai daun pada dasarnya sudah ada sejak dahulu. Bahkan, di Jepang seni ini dinamai oleh ikebana atau seni merangkai bunga. Berbagai macam rangkaian daun pun dapat Anda temukan di berbagai tempat wisata bernuansa alam, seperti taman bunga.

Loading...

Jika berbicara daun, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kekayaan hayati yang sudah dimiliki oleh Indonesia. Berbagai macam flora dapat tumbuh berkembang biak dengan baik di tanah Nusantara, tidak heran jika Indonesia merupakan negara megabiodiversity. Ragam flora Indonesia sejak dulu sudah menjadi primadona. Bahkan, sudah memikat hati para penjajah yang berasal dari tanah Eropa.

Dari ribuan spesies tanaman tersebut, akan ditampilkan 6 jenis daun yang akan dirangkai menjadi sebuah seni yang indah. Keenam jenis daun yang akan dipamerkan dalam bentuk rangkaian tersebut berupa pohon palem, futoi, paku-pakuan, liriope, pandanus, dan sikas. Seni tersebut dapat terangkai menjadi beragam bentuk, misalnya saja berbentuk busana wanita.

Seni rangkaian daun ini seakan menyampaikan beragam pesan yang tersirat untuk menjadi manusia yang sadar akan keberadaan beragam hayati di alam. Beragam hayati tersebut merupakan pabrik oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.

Baca Juga:  Tertarik Bisnis Kopi? Cari Tahu Rahasianya di Trubus Agro Expo

Jangan sampai terlewat untuk menyaksikan keindahan daun Nusantara tersebut yang akan dipamerkan dalam acara Trubus Agro Expo. Dalam acara tersebut juga akan diadakan peluncuran buku yang berjudul The Secret of Performing Leaves 2.

Loading...
Loading...